Hadiri Sosialisasi Wawasan Kebangsaan dan Penyerahan Simbol-simbol Kebangsaan, "Nilai Pancasila harus Ditanamkan Sejak Dini Kepada Anak Didik" pesan Sekda Erny R. Tania

Hadiri Sosialisasi Wawasan Kebangsaan dan Penyerahan Simbol-simbol Kebangsaan, "Nilai Pancasila harus Ditanamkan Sejak Dini Kepada Anak Didik" pesan Sekda Erny R. Tania
Hadiri Sosialisasi Wawasan Kebangsaan dan Penyerahan Simbol-simbol Kebangsaan, "Nilai Pancasila harus Ditanamkan Sejak Dini Kepada Anak Didik" pesan Sekda Erny R. Tania

Metronusantaranews.com | Yapen, Sekretaris Daerah hadiri Kegiatan Sosialisasi Wawasan Kebangsaan dan Penyerahan Simbol-simbol Kebangsaan di Wilayah Distrik Kosiwo yang diselenggarakan Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kabupaten Kepulauan Yapen. Digelar di Kampung Sarawandori II, pada Jumat (12/08/2022).

Wawasan kebangsaan dapat memberikan jaminan atas tercapainya kepentingan nasional baik ke dalam maupun keluar. Hal ini berarti bahwa Wawasan Kebangsaan memberikan gambaran dan arah yang jelas bagi kelangsungan hidup bangsa, sekaligus perkembangan kehidupan bangsa dan Negara di masa depan. Hal ini diungkapkan Sekretaris Badan Kesbangpol mengawali penyampaian laporan kegiatan.

Mewakili Kepala Kesbangpol, Yohanis Hugo Numberi, S.Sos Selaku Sekretaris Kesbangpol menuturkan bahwa kegiatan ini adalah kegiatan rutin yang kami buat tiap tahunnya dengan tujuan memperkenalkan dan menyadarkan masyarakat bahwa pentingnya wawasan kebangsaan dalam bernegara dalam bentuk sosialisasi dan membagikan simbol-simbol kebangsaan.

 

Sekretaris Daerah Erny R. Tania, S.IP dalam sambutannya menyampaikan kegiatan di hari ini saya anggap sangat penting, dan saya berikan apresiasi atas terselenggaranya sosialiasi Wawasan Kebangsaan dan Pembagian Simbol-simbol Kebangsaan yang diselenggarakan oleh Badan Kesbangpol.

Menurut Sekda Erny R. Tania, S.IP., Pancasila adalah pedoman dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Terdiri dari lima sila yang tidak untuk sekadar dihapalkan, tetapi untuk diamalkan. Tidak sekadar dibacakan dalam upacara bendera, tapi diaplikasikan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

Dijelaskannya, Pemahaman terhadap Pancasila sangat urgen, sekolah menjadi salah satu wadah yang paling tepat untuk menanaman nilia-nilai pancasila dan hal ini harus ditanamkan kepada anak-anak peserta didik sejak dini, harus serius dan tidak boleh dianggap remeh.

Tak main-main, kesempatan ini juga Sekda Erny R. Tania mengevaluasi langsung beberapa siswa, dengan pertanyaan seputar Pancasila, Lagu Kebangsaan, Proklamasi, dan Pahlawan Nasional maupun asal Papua.

Usai Kegiatan, Sekda Erny R. Tania ini secara simbolis menyerahkan Simbol Kebangsaan kepada Kepala Kampung, yang terdiri dari Bendera Merah Putih, 45 Butir Pancasila, gambar Burung Garuda, gambar Presiden dan Wakil Presiden, gambar Pahlawan asal Papua, gambar Teks lagu Padamu Negeri, gambar teks Proklamasi, gambar teks Sumpah Pemuda, dan gambar teks Pembukaan UUD 1945.

Sasarannya adalah Distrik, Kepala-kepala Kampung dan seluruh Sekolah Dasar di seluruh Distrik dan hari ini di Distrik Kosiwo. Jumlah sebanyak 40 paket yang telah didistribusikan sebelumnya. Imbuh Hugo Numberi

Hadir Sekretaris Daerah Erny R. Tania, S.IP., Kadis Pendidikan, Kadis Ketahanan Pangan, Kadis Dinas Koperasi, Kadis Perpustakaan dan Arsip Daerah, Kadis Perikanan, Kepala Sarawandori II, Kepsek dan Guru SD YPK Efata Sarawandori.

Editor : mahyus_arafath