“Peningkatan Kemandirian Ekonomi Rakyat” Target Musrenbang Distrik Yapen Selatan TA. 2022

505

METRONUSANTARANEWS.COM – Serui : Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Distrik Yapsel Tahun Anggaran 2022 digelar dengan melibatkan 3 Kelurahan dan 10 Kampung dan 46 RW dan 106 RT mengusung tema kegiatan “Peningkatan Kemandirian Ekonomi Rakyat di Dukung Kualitas SDM, Pembangunan Infrastruktur Dasar Dengan memperhatikan Budaya dan Kearifan Lokal”.

Musrenbang dibuka oleh Plt. Sekda Erny R. Tania, S.IP,. Hadir Ketua DPRD Kepulauan Yapen Yohanis G. Raubaba, S.Sos, Anggota DPRD Kepulauan Yapen Norman Edward Banua, Eko Susilo, S.Sos., Roy Nasrullah, Roy Palunga, Clara Katoende, Kepala Bappeda Rony Theo Ayorbaba, AP.,M.Si, Danramil 1709-01/Yapen Selatan, Perwakilan Polres Kepulauan Yapen, Kepala Distrik Yapen Selatan. Turut hadir Kepala Kelurahan, Kampung, Bamuskam di Distrik Yapen Selatan, bertempat di Aula Dinas Infokom, Senin (21/02/2022)

Dikesempatan itu, dijelaskannya Musrembang Distrik Yapen, sarana dan prasarana Pendidikan dan Kesehatan menjadi prioritas usulan pembahasan, dengan total usulan bidang pembahasan sebanyak 225 usulan, akan dibahas, disharing untuk perengkingan untuk dimasukan dalam Forum Pembangunan Tingkat Distrik, dan disingkronkan dengan RPJMD dan Visi Misi Bupati.

“Atas nama masyarakat Distrik Yapen Selatan kami mengucapkan terima kasih atas selesainya pembangunan Puskesmas Serui Kota yang megah dan Monumen Kasih Yesus Kristus yang baru diresmikan, lebih Khusus mewakili masyarakat Kampung Serui Laut, Nundawipi, Pasir Putih, dan Kampung Pasir Hitam mengucapkan terima kasih kepada Bapak Bupati dan Juga Ketua DPRD telah meresmikannya sebagai Icon Relegi Terbaru di Kota Serui.

“Tugu Monumen Kasih Kristus merupakan Cendremata Terindah diakhir masa Pengabdian Bapak Bupati Tonny Tesar dan Wakil Bupati Frans Sanadi.” Ucap Since A. Wihyawari

Dalam sambutan Bapak Bupati Kepulauan Yapen Tonny Tesar, S.Sos yang dibacakan oleh Plt. Sekretaris Daearah Erny R. Tania, S.IP menyampaikan “dalam rangka Penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah Tahun Anggaran 2023, pembangunan ke depan dimaksudkan untuk mencapai kondisi ideal, proses transformasi dari kondisi aktual yang dirasa masih kurang pada tahub sebelumnya.”

Lanjut Erny R. Tania, S.IP “Perencanaan yang terarah, cermat dan terukur sesuai dengan asprasi masyarakat, dengan pola pendekatan perenacanaan pembangunan yang melibatkan peran masyarakat secara langsung sesuai Amanah UU No. 25 Tahun 2004, tentang Sistem Perencanaan Pembanguan Nasional, dengan tujuan perencanaan pembanguan di tingkat Distrik mencerminkan kondisi riil kebutuhan dari masyarakat.”

Thema Pembangunan dalam RKPD 2023, dirancang sebagai wujud keseriusan Pemerintah Daerah, untuk membangun masyarakat Kabupaten Kepulauan Yapen yang mandiri untuk bersaing ditingkat Provinsi, Nasional dan Internasional sesuai dengan skenario Penyusunan Visi pada RPJMD ke-IV Tahun 2021-2025, yang dituangkan dalam RPJPD dengan sasaran terwujudnya Kabupaten Kepulauan Yapen sebagai pusat pertanian, pusat produksi kelautan dan perikanan yang mampu dikembangkan hingga pemasaran di Teluk Cedrawasih Provinsi Papua, Nasional dan Mancanegara, dengan dukungan jaringan perdagangan internasional, begitu juga sebagai Pusat Pariwisata berbasis Budaya Papua.

“Guna mendukung Thema RKPD 2023 dimaksud maka melalui forum Musrembang ini sangat diharapan memberikan kosntribusi pemikiran terbaik berupa usulan-usulan yang mengarah pada potensi dan keunggulan masing-masing wilayah, terutama bidang prioritas menuju Peningkatan Kemandirian Ekonomi Rakyat”. Tutup Erny R. Tania.

 

Laporan : Sartika_Paramhita

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here