Peringatan Haul H.Ngalimun Ke 35 Diisi Dengan Perlombaan Rebana Dan Istikosah

Peringatan Haul H.Ngalimun Ke 35 Diisi Dengan Perlombaan Rebana Dan Istikosah

Way Kanan, Metronusantaranews.com
Haul merupakan sebuah tradisi yang amat familiar dalam budaya masyarakat Islam di Nusantara.

Tradisi haul sendiri secara prakteknya adalah acara memperingati tahun kematian seseorang, baik itu tokoh agama maupun masyarakat Islam biasa.


H.Tukiman Ngakimun yang merupakan yang  tokoh agama sekaligus Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah(DPRD) Kabupaten Way Kanan davil V Fraksi Partai Nasdem. Mengadakan peringatan Haul H. Ngalimun yang ke 35 tahun.

H. Ngalimun tidak lain merupakan orang tua dari orang tua dari H.Tukiman Ngalimun, S.H. Peringatan haul diisi dengan berbagai kegiatan diantaranya perlombaan Rebana danIstikosah yang digelar pada Rabo 04 sampai 05 October 2023 bertempat di rumah pribadi H.Tukiman.


Perlombaan Rebana diikuti oleh 34 Group rabaan sekecamatan Rebang Tangkas dan berdasarkan penilayan dari team juri , Group terbaik diperoleh 
YaGroup Al Ihsan denganKampung Lebak Paniangan dengan perolehan nilai 293,5.


Disusul oleh Group Al Falak Kampung Air Ringkih dengan perolehan nilai 292 serta diikuti oleh Group Al Hidayah Kampung Tiga dengan perolehan 289,2.


Diakhir kegiatan H.Tukiman Ngalimun memberikan dana pembinaan kepada juara 1 senilai Rp 1.000.000, juara 2 Rp 750.000 dan  juara 3 Rp 500.000 serta  31 Lainnya masing masing di beri dana pembinaan sebesar Rp 200.000 dan bintang tamu 2 tahun berturut turut diberi  dana pembinaan sebesar Rp 500.000

Acara dipandu langsung  oleh ketua panitia, Yang diwakili oleh Perwakilan kementrian agama  dalam hal ini diwakili oleh Bp Selamat Riadi selaku pelaksana KUA Kecamatan Rebang Tangkas.

Selamat Riadi berharap kegiatan positif seperti ini agar terus dibina dan dikembang agar kegiatan keagamaan lebih baik.


Istiqosah dipimpimpim langsung oleh KH.Nur Holis Mahmud yang merupakan pimpimpinan pondok pesantren Bahrul Ulum Rebang Tangkas.

Turut hadir camat Kecamatan Rebang Tangkas HAFISIN S.H,. M.H, yang diwakili oleh Bp Mul Yadi.

Mul Yadi berharap kegiatan seperti ini agar lebih ditingkatkan baik secara organisasi maupun secara pribadi" Kami dari pihak Eksekutif sangat mendukung kegiatan seperti ini dan mudah mudahan kedepan dapat lebih ditingkatkan lagi supaya masyarakat kita lebih mendalami kegiatan keagamaan dan kepada para peserta agar lebih giat berlatih agar lebih baik lagi kedepan",Ungkapnya.


Disisi lain Bp H.Tukiman dalam sambutannya menjelaskan kegiatan ini dalam rangka memperingati Haul orang tua kami H.Ngalimun yang ke 35 Tahun, dengan mendoakan secara berjamaah dan diisi dengan kegiatan positif keagamaan inshaa Allah orang tua kami kelak dapat ditempatkan di surganya Allah SWT. Aamiin.(Deta Suryana)