Polda Jateng Himbau Masyarakat Waspadai Hoax Pasca Pungut Suara Pemilu Tahun 2024

Polda Jateng Himbau Masyarakat Waspadai Hoax Pasca Pungut Suara Pemilu Tahun 2024

Metronusantaranews.com

Jawa Tengah - Polda Jateng|Pasca Pungut Suara pemilu 2024 tanggal 14 Februari kemarin, dihimbau masyarakat Waspadai HOAX yang beredar, hal ini sampaikan Kabid Humas Polda Jateng dalam keterangan pers nya di Mapolda Jateng. (Jumat 16/02)

Kabidhumas Polda Jateng Kombespol Satake bayu menyatakan ada sejumlah konten HOAX yang sering muncul saat Pemilu, Konten Hoaks tersebut, kata dia harus diwaspadai masyarakat oleh, Pihaknya menghimbau masyarakat agar hati-hati terhadap informasi yang tidak benar atau melempar, diharapkan masyarakat tidak menelan mentah-mentah segala informasi yang diterima baik dari media sosial maupun melalui pesan berantai, lakukan pengecekan, ricek dan kroscek terhadap informasi yang diperoleh dan teruji validitasnya sebelum disebarluaskan. 

" Di masa seperti ini banyak konten HOAX yang harus kita waspadai bersama, di himbau agar masyarakat tidak mudah terprovokasi oleh berita HOAX yang belum teruji kebenarannya " kata Kabid Humas 

Terkait adanya konten yang disebar luaskan melalui Medsos terkait dengan narasi yang bersifat Provokasi, Kombespol Satake Bayu menjelaskan bahwa ada mekanisme yang telah diatur mengenai hal tersebut. Misal terkait pelanggaran maupun dugaan adanya kecelakaan dalam pelaksanaan Pemilu dapat dilaporkan kepada Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) maupun melalui saluran yang telah disediakan oleh Negara.

“ kami masyarakat himbau tetap tenang, jangan mudah terprovokasi oleh konten konten (HOAX) yang belum tentu benar, bila ada permasalahan silahkan di transmisi mekanisme yang sudah di temukan, ” pungkas Kabidhumas.

(Nugroho)