Proyek Cor Beton di Desa Sidowalyo Tanpa Papan Nama, Diduga Kangkangi Perpres No 54 Tahun 2010 dan No 70 Tahun 2012

Proyek Cor Beton di Desa Sidowalyo Tanpa Papan Nama, Diduga Kangkangi Perpres No 54 Tahun 2010 dan No 70 Tahun 2012
Foto Proyek Cor Beton Desa Sidowalyo Lampung

Lampung Selatan - Pekerjaan proyek cor beton lanjutan Jalan Majapahit, Desa Sidowaluyo, Kecamatan Sidomulyo, Kabupaten Lampung Selatan, mulai disoroti Banyak Media. 

Pasalnya, Pekerjaan proyek yang dikerjakan sejak 5 hari lalu atau dalam proses pekerjaan tanpa dilengkapi papan anggaran. 

“Semestinya pihak pemborong atau kontraktor harusnya memasang papan proyek, berapa sih harganya buat papan proyek, ini proyek ratusan juta, kalau ada masyarakat bertanya agar tahu ini proyek apa?,” ungkap warga yang minta tidak disebutkan namanya. 

Dia juga menambahkan, pemasangan papan nama proyek merupakan implementasi azas transparansi, sehingga masyarakat dapat ikut serta dalam proses pengawasan. 

"Diawal pekerjaan sudah ada pekerjaan yang pecah seribu, sudah ga ada papan proyeknya, juga dikerjakan malam hari, wajarlah jika kita semua berfikir kurang pas," ucapnya. 

Saat dikonfirmasi media ini, R (50) selaku pengawas lapangan yang memonitoring proyek tersebut telah menegur atau mengingatkan rekanan agar memasang papan informasi proyek, namun hingga saat ini belum juga terpasang. 

"Saya sudah sempat mengingatkan terkait papan nama, namun hingga kini belum dipasang," ucapnya. 

Pengawas itu juga menambahkan, untuk pengawas dan juga konsultan sudah kerja semaksimal mungkin, namun untuk papan proyek itu ranahnya kontraktor.

Dengan volume panjang 400m, lebar 3m, tinggi 15 cm, pekerjaan jalan lanjutan itu menelan biaya berkisar Rp.500 juta tersebut. 
 
Sesuai amanah Undang-Undang Keterbukaan Informasi Publik (KIP) Nomor 14 Tahun 2008 dan Perpres Nomor 54 Tahun 2010 dan Nomor 70 Tahun 2012, dimana mengatur setiap pekerjaan bangunan fisik yang dibiayai negara wajib memasang papan nama proyek, dimana memuat jenis kegiatan, lokasi proyek, nomor kontrak, waktu pelaksanaan proyek dan nilai kontrak serta jangka waktu atau lama pekerjaan. 

Hingga berita ini diterbitkan belum juga ada papan nama proyek yang terpasang dan tidak diketahui nama CV yang mengerjakannya juga siapa pemborongnya. (Jun)