Laskar Merah Putih MAC Natar, Berikan Pengamanan di Hari Raya Cheng Beng

Laskar Merah Putih MAC Natar, Berikan Pengamanan di Hari Raya Cheng Beng

Lampung Selatan, Metronusantaranews - Demi terciptanya keamanan dan kenyamanan beribadah etnis Tionghoa dalam menyambut Ceng Beng, atau Qing Ming.

Laskar Merah Putih MAC natar, ikut berpartisipasi dalam memberikan pengamanan di hari raya Cheng Beng. Agar para peziarah ke makam leluhur etnis Tionghoa dapat berjalan dengan lancar serta menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

Saipul Ubada selaku ketua lmp Mac natar menjelaskan, " pengamanan ini bentuk toleransi antar umat beragama, siapa pun yang ingin dibantu dalam pengamanan akan kita bantu dan kita siap bila diperlukan," jelasnya saat menjelaskan ke media Ini, kamis (28/3/24) .

Saipul menambahkan, dalam kegiatan apapun bila memang kita diperlukan apalagi dalam hal kegiatan sosial kita siap, karena memang keberadaan ormas LMP ini tujuannya adalah membantu masyarakat.

Hilda selaku ketua yayasan Darma Bakti menjelaskan, Cheng Beng adalah salah satu upacara tahunan etnis Tionghoa untuk bersembahyang dan berziarah sesuai dengan ajaran agama Khonghucu. Upacara ini diadakan 15 hari setelah Equinox musim semi, biasanya pada tanggal 4 atau 5 April setiap tahunnya. Namun, ziarah dapat dilakukan 10 hari sebelum hari Ceng Beng, atau 10 hari setelah hari Ceng Beng.

Ceng Beng juga dikenal sebagai Hari Semua Arwah, Festival Bersih Terang, Festival Ziarah Kuburan, Hari Menyapu Kuburan, dan Hari Peringatan Musim Semi, jelasnya.

Selanjutnya, pada upacara ini, warga Tionghoa akan datang ke makam leluhur untuk membersihkan makam dan bersembahyang dengan membawa makanan tradisional, teh, arak, dupa, kertas sembayang, aksesori, dan berbagai persembahan untuk para nenek moyang.

Perayaan Ceng Beng dilaksanakan untuk mengingat dan menghormati nenek moyang, berdasarkan ajaran Konfusianisme yang menekankan Xiao untuk berbakti pada orang tua dan menghormati leluhur, baik saat hidup maupun saat sudah tiada. 

Adapun tujuan lain dari Ceng Beng adalah agar keluarga dapat berkumpul bersama dan menjalin hubungan keluarga.(**)