Sejumlah Desa Di Morosi Salurkan BLT-DD Tahap I

329

Metronusantaranews.com – Konawe – Dua desa di kecamatan morosi kabupaten konawe sulawesi tenggara salurkan bantuan langsung tunai (BLT) yang bersumber dari dana desa (DD) tahap I, Sabtu, (16/4/2022).

Desa yang melakukan penyaluran BLT DD di kecamatan morosi yakni desa wonua morini dan desa puurui untuk tahap I salur januari – maret 2022.

Pelaksanaan penyaluran BLT DD di dua desa di kecamatan morosi dilaksanakan di balai pertemuan masing-masing desa, dimana desa wonua morini lebih dulu melakukan penyaluran yakni pada pukul 14.00 Wita kemudian menyusul desa puurui mulai dilaksanakan penyalurannya pada pukul 15.30 wita.

Untuk desa wonua morini, data penerima manfaat untuk tahun anggaran 2022 hanya 23 KPM atau lebih sedikit di bandingkan dengan data KPM tahun anggaran 2021 yang berjumlah 26 KPM. Sedangkan desa puurui, jumlah penerima manfaatnya untuk tahun ini berjumlah 57 KPM.

Data penerima manfaat kedua desa tersebut merupakan hasil verifikasi yang dilakukan oleh masing-masing tim verifikator di desa bahkan data tersebut telah memenuhi persyaratan dan bahkan telah di musdeskan serta KPM yang terdata sebagai penerima BLT DD bukan penerima bansos lainnya.

Ketgam : kegiatan penyaluran BLT DD di desa Wonua Morini

Camat morosi melalui Kasi PMD, Hapid ST, mengatakan bahwa penerima manfaat dari bantuan langsung tunai yang bersumber dari dana desa untuk tahun anggaran 2022 ini, sudah melalui proses yang cukup panjang sampai penetapannya sebagai penerima bantuan tersebut.

“Penerima bantuan BLT DD sangat jelas bahwa mereka tidak sedang atar terdaftar sebagai penerima bansos lainnya seperti bantuan pangan non tunai (BPNT) dan program keluarga harapan (PKH)” jelasnya

Lebih lanjut, ia juga sangat mengharapkan kepada masyarakat penerima manfaat agar bantuan tersebut dimanfaatkan sesuai dengan kebutuhan ekonomi keluarga ditengah melonjaknya harga minyak goreng dan BBM yang tentunya juga mempengaruhi harga sembilan bahan pokok.

“Saya menghimbau masyarakat yang belum melakukan vaksinasi covid 19 untuk dosis 2 dan booster agar segera melakukan vaksinasi di gerai yang telah di sediakan di puskesmas” ujar Hapid

Terakhir, Hapid begitu panggilan akrabnya, juga menyampaikan bahwa khususnya di kecamatan morosi masih tersisa 3 desa yang belum melakukan penyaluran BLT-DD yakni desa paku jaya, desa tondowatu dan desa porara yang disebabkan karena masih ada syarat administrasi yang belum dilengkapi oleh ketiga desa tersebut.

Diketahui, dalam pelaksanaan kegiatan penyaluran BLT DD di dua desa juga turut dihadiri oleh Camat morosi yang di wakilkan Kasi PMD Hapid ST, Babinkamtibmas polsek bondoala morosi, Brigadir Abd. Hafid Ali. SH, Pendamping lokal desa Abdullah. ST dan Pendamping tehnis kecamatan La Sirman. ST. Serta pelaksanaan kegiatan tersebut tetap mematuhi protocol kesehatan covid.19.

Laporan : Andi Fale

Publisher : Helni Setyawan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here