Tingkatkan Produksi Padi Di Kolaka Timur, Bupati Azis Tanam Perdana Padi Sawah di Tongauna

Tingkatkan Produksi Padi Di Kolaka Timur, Bupati Azis Tanam Perdana Padi Sawah di Tongauna

Metronusantaranews.com, Kolaka Timur || Dalam upaya meningkatkan produksi tanam padi dengan perluasan areal tanam (PAT), Bupati Kolaka Timur, Abdul Azis, SH., MH pimpin tanam padi sawah perdana di Desa Tongauna, Kecamatan Uesi, kamis (1/2/24) kemarin

Penanaman padi sawah perdana ini, juga turut diikuti Kepala Seksi Operasi BWS Sulawesi IV Kendari, Hartina, sejumlah pimpinan OPD, Kapolsek Uluiowi, dan Ratusan masyarakat setempat.

Dimomen tanam padi sawah perdana tersebut, Harapan masyarakat Desa Tongauna, Kecamatan Ueesi terutama warga transmigrasi untuk dapat bertanama padi, akhirnya terwujud.

"Dengan perluasan areal tanam ini, kita berharap dapat meningkatkan produksi padi dan mengurangi ketergantungan pada pasokan dari luar daerah. Ini adalah langkah nyata untuk mencapai swasembada pangan di Kolaka Timur," harap Bupati

Pemerintah Kolaka Timur berharap bahwa langkah ini dapat memicu semangat kolaborasi antara pemerintah dan masyarakat dalam mendukung pertanian sebagai sektor utama penggerak ekonomi daerah.

“Produksi padi yang meningkat diharapkan dapat memberikan kontribusi signifikan dalam mencapai ketahanan pangan dan peningkatan kesejahteraan petani di Kolaka Timur” ungkapnya

selain itu, Ia juga menyampaikan ucapan terimakasih kepada BWS Wilayah IV Kendari dan seluruh pihak yang telah memaksimalkan potensi yang ada. Ibarat Tongauna ini, adalah berkah yang diturunkan apa saja yang ditanam pasti tumbuh

“Kami berharap agar lahan sawah yang ada ini, untuk dimaksimalkan. Mudah-mudahan hasil produksinya nanti maksimal juga” harap Bupati

Soal infrastruktur jalan yang selama menjadi kendala dan permasalahan selama berpuluh tahun kata orang nomor satu di Kolaka Timur ini, akan menjadi atensi bagi pemerintah daerah untuk terus memaksimalkan infrastruktur jalan tersebut.

Kata dia, Pemerintah Daerah akan berupaya secepat dan semaksimal mungkin untuk menjawab harapan dan kebutuhan masyarakat, karena hasil panen yang bagus akan maksimal kalau ditunjang dengan kondisi infrastruktur yang bagus juga.

“Terimakasih kepada Pemerintah Desa Tonguna telah menjadi tuan rumah yang baik,” ucapnya.

Ditempat yang sama, Hartina berharap, semoga nantinya hasil panen di Tongauna akan lebih baik dalam menunjang ekonomi masyarakat. Selain itu, pihaknya berjanji untuk terus membantu perluasan areal persawahan dilokasi ini.

Untuk luasan lahan yang akan ditanami pada penanaman perdana ini sesuai data Dinas Tenaga Keja dan Transmigrasi Koltim, kurang lebih 52 Ha yang semuanya milik warga transmigrasi.

”Terimakasih pak bupati dan jajaran telah mewujudkan impian kami untuk bisa menanam padi di arel trans ini. Semoga ini berkah dan menjadi penopang ekonomi kami disini, ucap salah satu warga transmigrasi Ali.

Dengan dimulainya penanaman padi ini, semakin menambah keyakinan masyarakat Tongauna bahwa soal stok beras bisa diatasi. Sebab, saat musim penghujan 2019 lalu, saat akses jalan terputus total, warga disini kesulitan memperoleh beras.

Laporan : Helni Setyawan