Upaya Mitigasi Bencana Banjir, Pemda Koltim Bakal Normalisasi Sungai Iwoikondo

Upaya Mitigasi Bencana Banjir, Pemda Koltim Bakal Normalisasi Sungai Iwoikondo

Metronusantaranews.com, Kolaka Timur || Dalam upaya mitigasi risiko banjir akibat curah hujan tinggi, Pemerintah Daerah Kabupaten Kolaka Timur (Koltim) bakal menormalisasi sungai yang terletak di Desa Iwoikondo, Kecamatan Loea.

Ancaman banjir akibat curah hujan yang cukup tinggi sering kali merugikan warga setempat terutama para petani.  Merespon ancaman banjir yang selama ini menghantui, Pemda Kolaka Timur akan menormalisasi sungai tersebut

Kepala BPBD Koltim, Dewa Made Ratmawan menyampaikan, saat ini sungai tersebut tanggulnya sudah tergerus aliran air yang akan berdampak pada lahan persawahan warga jika tidak ditangani.

”Pagi ini, kami bersama perwakilan Dinas PU, Kepala Desa Iwoikondo. Meninjau langsung kondisi sungai ini. Memang kondisinya harus segera di normalisasi agar tidak meluap keluar sungai,” ucap pria yang akrab disapa Dewa ini, Sabtu (4/5/24).

Untuk normalisasi sungai nanti lanjutnya, juga dilakukan pembuatan tanggul sungai. Namun saat ini masih terkendala tingginya debit air. ”Tapi begitu agak turun debit airnya, kami langsung bergerak cepat menormalisasinya,” janjinya.

Kata Dewa, rencana normalisasi sungai Iwoikondo merupakan salah satu upaya pemda Koltim dalam menjaga keamanan dan kesejahteraan masyarakat. Dengan normalisasi ini, kami berharap dapat mengurangi resiko banjir yang selama ini menghantui

Laporan : Helni Setyawan