143 Orang Di Kolaka Timur Ikuti Orientasi Calon Pegawai Negeri Sipil

223

Metronusantaranews.com – Kolaka Timur – PJ Bupati Kolaka Timur, Ir. H. Sulwan Aboenawas, M.Si, membuka secara resmi kegiatan Orientasi calon pegawai negeri sipil kabupaten Kolaka Timur formasi tahun 2021 di aula Pemda, Senin (21/3/2022).

Dalam acara pembukaan penyelenggaraan orientasi CPNS formasi tahun 2021, turut dihadiri oleh para staf ahli, para asisten, para pimpinan OPD, para kabag lingkup pemerintah daerah kabupaten Kolaka Timur yang sempat hadir dalam kegiatan tersebut.

Pelaksanaan kegiatan orientasi CPNS tersebut di ikuti 143 orang calon pegawai negeri sipil baik tenaga kesehatan maupun dari tenaga tekhnis dengan mengangkat tema “penguatan tata kelola pemerintahan yang baik, bersih dan transparan melayani masyarakat”

 

Dalam sambutannya, Sulwan Aboenawas, mengatakan bahwa Pegawai Negeri Sipil (PNS) merupakan unsur utama sumber daya manusia yang mempunyai peranan bahkan menentukan keberhasilan penyelenggaraan pemerintahan dan pembangunan daerah.

Dirinya juga mengungkapkan jika Sosok PNS diwujudkan dengan sikap dan perilaku yang penuh dengan kesetiaan dan ketaatan kepada negara, bermoral dan bermental baik, profesional, sadar akan tanggung jawabnya sebagai pelayan publik, serta mampu menjadi perekat persatuan dan kesatuan bangsa. Untuk dapat membentuk sosok PNS

“sebelum ditetapkan statusnya menjadi PNS maka perlu dilaksanakan pembinaan melalui jalur pendidikan dan orientasi (Diklat) dalam bentuk Latihan Dasar CPNS” terangnya

“Kegiatan Orientasi yang dilaksanakan hari ini marupakan kegiatan tahap Masa Percobaan dengan bobot nilai 20 % dari nilai Pelatihan Dasar (Latsar) yang akan Dilaksanakan di Badan Diklat Provinsi nantinya” kata kadis ketahanan pangan dan hortikultura provinsi Sulawesi Tenggara dalam sambutannya

Ia juga mengatakan bahwa masa percobaan setiap Calon Pegawai Negeri Sipil diwajibkan untuk mengikuti dan lulus Diklat Prajabatan bahkan masa percobaan selama Satu Tahun tersebut tidak dapat diulang.

“apabila ada pesrta CPNS yang tidak memperoleh Nilai Baik dalam pelaksanaan masa percobaan maka tidak dapat diangkat sebagai Pegawai Negeri Sipil” jelasnya

Lebih lanjut, dirinya juga percaya bahwa seluruh CPNS yang ada disini merupakan Putra Putri pilihan terbaik yang telah melewati tahapan – tahapan seleksi yang ketat, bahkan ia meyakini semuanya dapat melewati tahapan-tahapan yang tersisa untuk menjadi PNS.

Menutup sambutannya, PJ Bupati Kolaka Timur juga menekankan kepada CPNS agar tidak ada lagi yang mengajukan Permohonan Pindah wilayah apabila sudah resmi terangkat sebagai PNS lingkup pemerintah Kabupaten Kolaka Timur.

Sementara itu, kepala BKPSDM Kolaka Timur, Dra. Hj. Murtini Balaka.M.Si, menambahkan bahwa pelaksanaan kegiatan orientasi CPNS dilaksanakan selama kurang lebih empat hari, dari tanggal 21 – 24 Maret 2022.

“Penyelenggaraan orientasi CPNS formasi tahun 2021 di Kolaka timur, diikuti oleh 143 orang calon aparatur sipil negara, diantaranya dari tenaga tekhnis dan tenaga kesehatan” ucapnya

“Untuk tenaga kesehatan berjumlah 114 orang, diantaranya 28 orang laki-laki dan 86 orang perempuan, sedangkan untuk tenaga teknis berjumlah 29 orang dimana dari jumlah tersebut untuk laki-laki berjumlah 16 orang dan perempuan berjumlah 13 orang” ujar Murtini Balaka kepada awak media.(*)

Laporan : Helni Setyawan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here