Bawaslu Way Kanan Bersama Beberapa Organisasi Media Gelar Rakor Tahapan Pencalonan DPR, DPD dan Presiden Wakil Presiden

Bawaslu Way Kanan Bersama Beberapa Organisasi Media Gelar Rakor Tahapan Pencalonan DPR, DPD dan Presiden Wakil Presiden

Way Kanan - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu ) Way Kanan menggelar Rapat Koordinasi, publikasi, dokumentasi hasil Pengawasan Tahapan Pencalonan Presiden/Wakil Presiden ,DPR Pusat, DPR Provinsi, Dan DPR Kabupaten, dengan mengundang sejumlah wartawan yang tergabung dalam beberapa Organisasi Pers, berlagsung di Hotel Almer Baradatu, Selasa 31 Oktober 2023

Acara dibuka  oleh Pimpinan Bawaslu Provinsi Lampung Imam Bukhori, dan dihadiri  Pimpinan Bawaslu Kabupaten Way Kanan, serta menghadirkan Narasumber Anggota KPU Way Kanan Doan Endedi, dan  Ketua KWRI Way Kanan M Fikri.

Dalam sambutannya, Imam Bukhori menyampaikan rasa terima kasih yang sebesar besarnya atas kehadiran insan pers dalam acara ini dan berharap sinergisitas antara Bawaslu dan Media tetap terjalin agar pelaksanaan Pemilu 2024 berjalan lancar, aman dan kondusif.

"Keberhasilan Pemilu yang lancar, aman dan kondusif tidak bisa dilepaskan dari Peran Penting media." kata Imam Bukhori.

Dirinya memuji Bawaslu Waykanan yang telah menggandeng insan pers dalam menyukseskan Pemilu 2024, dan beraharap aga kabupaten lain di Lampung bisa mencontoh kegiaatan seperti ini.

Narasumber dari KPU Way Kanan Doan Endedi menyampaikan, saat ini tahapan yang sedang berjalan adalah tahapan penerimaan Pindah Milih (DPTb), bila ada warga yang pada saat hari pencoblosan tidak berdomisili di tempat ktp, bisa mengurus pindah milih minimal 15 hari sebelum hari pencoblosan. Untuk mengurus pindah milih ini bisa menghubungi PPS setempat, PPK atau bisa langsung ke KPU Way Kanan.

"Seluruh tahapan sudah berjalan lancar, dari awal pencoklitan, penerimaan pendaftaran calon anggota DPRD Way Kanan dan dua tiga hari kedepan akan ada pengumuman Daftar Calon Tetap (DCT) calon Anggota DPD, DPR RI, DPRD PROVINSI dan DPRD Kabupaten/Kota" tutup Doan.

Ditempat yang sama, Ketua KWRI Way Kanan Ir. M. Fikri selaku narasumber, mengajak kepada seluruh insan media untuk sama sama menjadi pengawas seluruh tahapan Pemilu dan Pilkada tahun 2024, serta memberikan edukasi kepada masyarakat akab pentingnya memilih.

"Pentingnya publikasi edukasi tentang hak pilih yang dimiliki oleh seluruh warga, agar presentase partisipasi pemilih dapat meningkat dibandingkan dengan Pemilu dan Pilkada lima tahun  lalu" tambah M Fikri.

"Jurnalis miliki peran penting bagi dunia demokrasi Indonesia, karena dengan adanya jurnalis, seluruh pesan pesan demokrasi bisa tersampaikan langsung kepada masyarakat melalui media yang dimilikinya" tutup M Fikri. (Efendi)