Bupati Koltim Ikuti Rapat Paripurna Di DPRD, Bahas Raperda APBD Perubahan 2024

Bupati Koltim Ikuti Rapat Paripurna Di DPRD, Bahas Raperda APBD Perubahan 2024

Metrnonusantaranews.com, Kolaka Timur || Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kolaka Timur menggelar Rapat Paripurna pada Selasa (tanggal dapat disesuaikan), dengan agenda utama pembahasan dan persetujuan Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) tentang Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) perubahan tahun anggaran 2024.

Rapat paripurna ini dipimpin langsung oleh Wakil Ketua DPRD Kolaka Timur Hj. Rahmatia, dan turut hadiri, Bupati Kolaka Timur, Para Anggota DPRD Kolaka Timur, Pimpanan OPD, Camat dan instansi terkait.

Dalam rapat tersebut, Wakil Ketua DPRD Kolaka Timur menyampaikan bahwa perubahan APBD tahun 2024 merupakan langkah penting untuk menyesuaikan alokasi anggaran dengan kondisi terkini, serta menampung program-program prioritas yang perlu segera direalisasikan.

Kata dia, Perubahan APBD ini juga bertujuan untuk memastikan bahwa anggaran daerah dikelola secara efektif dan efisien demi kepentingan masyarakat.

"Kita harapkan Anggaran Perubahan tahun 2024 ini dapat di alokasikan dengan baik demi terwujudnya pembangunan yang berkelanjutan didaerah kolaka timur. ." Ujarnya, selasa (24/9/24)

Sementara itu, Bupati Kolaka Timur menyampaikan uacapan terima kasih kepada seluruh anggota DPRD koltim atas kesediaanya untuk membahas Raperda ini, atas masukan dan koreksi yang bersifat subsantif yang menambah kualitas Apbd perubahan ini.

Ia menuturkan, semoga apa yang kita lakukan dapat memberikan manfaat yang sebesar-besarnya bagi kesejahteraan masyarakat kabupaten kolaka timur.

Dimomen itu juga, Bupati menyampaikan permohonan maafnya, apabila kurang lebih dua tahun satu bulan saya diberikan amanah menjadi wakil bupati sekaligus Plt bupati dan bupati definitif mungkin dalam hubungan mitra selama ini ada yang salah ada yang hilaf mohon di maafkan

"Dimomentum ini saya memohon maaf yang sebesar-besarnya kepada seluruh Anggota DPRD kolaka timur, Mudah-mudahan kebersaman ini tidaklah cepat berlalu, kita lestarikan terus semata-mata untuk daerah kabupten kolaka timur." Ucap Bupati

Selain itu, Bupati Azis juga menjelaskan bahwa di tahun 2025 dana transfer dari pusat mengalami kenaikan yang sangat signifikan.

"Dari tahun 2023 dengan jumlah 650 Milliar, ditahun 2024 dengan jumlah 750 Milliar dan di tahun 2025 naik dengan jumlah 929 Milliar,ada dana alokasi khusus terkait dengan pembangunan Rumah Sakit." bebernya

Lebih lanjut, pemerintah pusat dalam hal ini Kementerian Kesehatan menyetujui anggaran yang telah di usulkan pemeritah daerah dengan total 170 Milliar yaitu pembangunan fisik Rumah sakit yang akan di bangun didesa Orawa dan termasuk juga pendukungnya yaitu Alkes kurang lebih hampir 20 miliar.

"Jadi total keselurah  hampir 200 miliar, mudah-mudahan yang beginilah kita pertahankan terus karena sesuatu ini terwujud bukan hanya kami dari pemerimtah daerah, tapi ini karena banyak masukan dari Anggota DPRD yang sering kita berkomunkasi, berkolaborasi sehingga inilah yang harus kita jaga terus dan akan memberikan dampak positit buat pembangunan daerah ini."Tutupnya.

Dengan disetujuinya Raperda ini nantinya, diharapkan dapat memberikan dampak positif terhadap berbagai program pembangunan dan meningkatkan pelayanan publik di Kolaka Timur.

“Rapat paripurna ini menjadi momentum penting bagi pemerintahan daerah untuk terus berupaya dalam memenuhi kebutuhan masyarakat” tutupnya

Laporan : Redaksi