Gelar Upacara Hari Kesaktian Pancasila, AKBP Jibrael Paparkan Tema dan Maknanya

Gelar Upacara Hari Kesaktian Pancasila, AKBP Jibrael Paparkan Tema dan Maknanya

Tulang Bawang - Polres Tulang Bawang, Polda Lampung, menggelar upacara memperingati Hari Kesaktian Pancasila 2023 yang berlangsung hari Minggu (01/10/2023), pukul 08.00 WIB s/d selesai, di lapangan Mapolres setempat.

Upacara Hari Kesaktian Pancasila ini dipimpin langsung oleh Kapolres Tulang Bawang, AKBP Jibrael Bata Awi, SIK, dengan peserta upacara terdiri dari PJU Polres, Kapolsek jajaran, dan seluruh personel Polres Tulang Bawang.

Dalam kesempatan tersebut, Kapolres membacakan Ikrar Upacara Hari Kesaktian Pancasila yang berbunyi "Kami Putra Putri Indonesia, Mengikrarkan Dengan Segenap Hati, Bahwa Kami Akan Tetap Setia Kepada Pancasila Sebagai Dasar Negara dan Ideologi Bangsa Indonesia, Yang Telah Diperjuangkan dan Dipertahankan Oleh Para Pahlawan Bangsa, Serta Akan Mengamalkan Pancasila Dalam Kehidupan Sehari-Hari, Untuk Mewujudkan Masyarakat Indonesia Yang Adil, Makmur, dan Sejahtera".

Kapolres mengatakan, tema yang diusung pada Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila Tahun 2023 yakni "Pancasila Pemersatu Bangsa Menuju Indonesia Maju".

"Hari Kesaktian Pancasila memiliki makna yang sangat penting bagi bangsa Indonesia. Makna tersebut dapat dilihat dari dua aspek yakni aspek sejarah dan aspek aktual," kata AKBP Jibrael.

Lanjutnya, dari aspek sejarah, Hari Kesaktian Pancasila merupakan hari untuk mengenang dan menghargai jasa-jasa para pahlawan revolusi yang gugur dalam peristiwa G30S/PKI. Para pahlawan revolusi ini adalah simbol dari semangat juang dan pengorbanan untuk mempertahankan Pancasila sebagai dasar negara dan ideologi bangsa Indonesia.

Sementara dari aspek aktual, Hari Kesaktian Pancasila merupakan hari untuk meningkatkan rasa nasionalisme dan patriotisme masyarakat.

"Rasa nasionalisme dan patriotisme ini dapat ditunjukkan dengan cara mengamalkan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari, serta menjaga persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia dari segala bentuk ancaman dan gangguan," papar perwira dengan melati dua dipundaknya.

Orang nomor satu di Polres Tulang Bawang ini menambahkan, pada momen peringatan Hari Kesaktian Pancasila ini diharapkan masyarakat dapat mengambil hikmah dari peristiwa G30S/PKI.

"Hikmah yang bisa kita ambil adalah dengan belajar dari kesalahan-kesalahan masa lalu, serta tidak mudah terprovokasi oleh pihak-pihak yang ingin mengadu domba, dan menimbulkan konflik di antara masyarakat," imbuh Alumni Akpol 2001. (Reporter /rusdi)