Pemda Koltim Gelar Musrenbang Kabupaten, Bupati Azis : Semoga Menghasilkan Perencanaan Pembangunan Yang Pro Rakyat

Pemda Koltim Gelar Musrenbang Kabupaten, Bupati Azis : Semoga Menghasilkan Perencanaan Pembangunan Yang Pro Rakyat
Ketgam : Bupati Kolaka Timur, Abdul Azis, SH., MH

Metronusantaranews.com, Kolaka Timur || Pemerintah Daerah Kabupaten Kolaka Timur menggelar Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) tahun 2025.

Acara yang berlangsung di Aula Pemda, kamis (7/3/24) hari ini, dihadiri oleh direktur regional II kementerian perencanaan pembangunan nasional atau Bappenas, Sekda Koltim, Andi Muh. Iqbal Tongasa, Forkopimda, para pimpinan OPD, Asisten, Staf Ahli, Para kabag, Para Camat, Para Lurah dan Kepala Desa

Bupati Kolaka Timur, Abd Azis, SH., MH dalam sambutannya mengungkapkan pentingnya partisipasi masyarakat dalam proses musrenbang ini.

Ia menyebutkan bahwa keterlibatan aktif masyarakat merupakan kunci utama dalam merumuskan program pembangunan yang sesuai dengan kebutuhan dan aspirasi masyarakat

"Musrenbang RKPD 2025 ini bukan hanya sebagai agenda rutin tahunan, namun juga merupakan wadah bagi kita semua untuk bersama-sama merencanakan pembangunan yang berkelanjutan dan berkeadilan. Partisipasi masyarakat sangat diharapkan untuk memastikan bahwa setiap kebijakan dan program yang diusulkan benar-benar mencerminkan kebutuhan riil masyarakat," ungkap Bupati.

Kata Bupati Azis, musrenbang ini merupakan agenda strategis dalam rangka penyelarasan program dan kegiatan prioritas pembangunan daerah dengan arah kebijakan, prioritas dan sasaran pembangunan nasional serta usulan program dan kegiatan hasil musrenbang kecamatan.

“Saya berharap agar musrenbang ini tidak sekadar agenda rutin sebagai pemenuhan regulasi, tapi benar-benar dilaksanakan untuk menghasilkan kebijakan perencanaan pembangunan yang memberikan manfaat sebesar-besarnya bagi kesejahteraan masyarakat atau pro rakyat kolaka timur” jelasnya

Menurutnya, tantangan pembangunan kita ke depan sangatlah kompleks seperti penurunan angka stunting, pengentasan kemiskinan ekstrim, pengendalian inflasi, tingkat pengangguran terbuka, pemerataan infrastruktur dasar serta tata kelola pemerintahan.

Kata dia, tantangan dan isu ini jangan dilihat sebagai masalah, tapi memacu kita untuk bekerja semakin fokus, terukur dan berprestasi. Oleh karena itu, dalam penyusunan RKPD tahun 2025, hal yang perlu dilakukan adalah kerja cerdas, responsif, Inovatif dan berkelanjutan dalam upaya memaksimalkan berbagai potensi dan  keunggulan daerah untuk menjawab tantangan tersebut. 

Lebih lanjut, sesuai visi kabupaten kolaka timur "sejahtera bersama masyarakat kolaka timur yang agamis, maju, mandiri dan berkeadilan" yang dijabarkan menjadi 10 misi memerlukan kebijakan operasional untuk percepatan pencapaian tujuan yang telah ditetapkan.

 “Semangat untuk mempercepat pencapaian target pembangunan memerlukan sinergi antara semua stakeholder, dengan masyarakat sebagai subjek dan objek pembangunan” ujarnya

Selain itu, ia juga menjelaskan bahwa Kehadiran pemerintah yang berorientasi membangun dan melayani sangat diperlukan dalam upaya mempercepat pembangunan di kabupaten kolaka timur.  Sementara disisi lain partisipasi aktif masyarakat juga menjadi kunci ketepatan sasaran pelayanan dan pembangunan yang dilaksanakan oleh pemerintah.

Oleh karena itu, ucap dia,  pemerintah Kabupaten Kolaka Timur telah melaksanakan gerakan yang melibatkan unsur pemerintah bersama-sama dengan masyarakat untuk melaksanakan pelayanan dan pembangunan. Gerakan tersebut yakni "gemas koltim" atau gerakan membangun dan melayani masyarakat kolaka timur.

Mengakhiri sambutannya, Bupati Azis  mengajak seluruh komponen masyarakat kabupaten kolaka timur agar senantiasa menjaga kebersamaan, persatuan dan kesatuan, serta menjaga kondusifitas.

Karena menurutnya, dengan dukungan kondusifitas wilayah dapat memacu pertumbuhan investasi dan tentunya akan berdampak positif, baik bagi pertumbuhan perekonomian daerah maupun ketersediaan lapangan pekerjaan yang pada akhirnya dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat kolaka timur.

Laporan : Helni Setyawan