BPJS Keliling Dekatkan Pelayanan Administrasi Kepada Masyarakat

BPJS Keliling Dekatkan Pelayanan Administrasi Kepada Masyarakat

Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan terus berupaya menghadirkan kemudahan dalam mengakses layanan administrasi kepesertaan. Hal ini guna meningkatkan kepuasan peserta program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN). Salah satu upaya yang dilakukan adalah menyediakan layanan BPJS Keliling untuk memudahkan Masyarakat melakukan pembaruan data kepesertaan, serta mendapatkan informasi perihal program JKN tanpa perlu datang ke kantor cabang. 

Salah satu keunggulan dari BPJS Keliling adalah kemudahan untuk memberikan pelayanan langsung kepada masyarakat yang mungkin tidak sempat ke Kantor BPJS Kesehatan. Dengan adanya kendaraan khusus BPJS Keliling, proses pelayanan dapat dilakukan di tempat-tempat strategis tanpa memerlukan perpindahan tempat bagi peserta.

Kali ini, layanan BPJS Keliling hadir di Puskesmas Yosomulyo Kota Metro, Lampung. Momen tersebut dimanfaatkan warga untuk berbagai macam keperluan administrasi. Seperti pendaftaran kepesertaan Program JKN, perubahan data kepesertaan, pengecekan status kepesertaan, permintaan informasi sampai dengan penyampaian pengaduan dan keluhan yang dirasakan oleh masyarakat yang ada di Kelurahan Yosomulyo.

Sementara itu, Kepala Kantor BPJS Kesehatan Cabang Metro, Wahyudi Putra Pujianto menjelaskan layanan BPJS Keliling memang disediakan untuk masyarakat dengan sistem jemput dengan tujuan memudahkan masyarakat yang terkendala jarak dan waktu untuk mengurus ke kantor cabang.

Selain kanal layanan BPJS Keliling, juga disediakan kanal layanan lainnya seperti layanan Pelayanan Administrasi Melalui Whatsapp atau biasa disingkat Pandawa, Aplikasi Mobile JKN, Care Center 165, Chika (Chat Assistant JKN) maupun Vika (Voice Interactive JKN). Sehingga masyarakat bebas memilih kanal layanan mana yang ingin digunakan.

"Layanan BJS Keliling ini kami sediakan sebagai alternatif yang bisa dipilih oleh masyarakat untuk mendapatkan layanan administrasi Program JKN selain melalui kanal-kanal layanan yang lain. Kami berharap layanan ini bisa dimanfaatkan oleh masyarakat yang selama ini mungkin mengalami kendala saat mengakses kanal layanan BPJS Kesehatan karena keterbatasan yang ada seperti jaringan dan yang lainnya," kata Wahyudi.

Selain itu, Wahyudi menambahkan bahwa Program BPJS Keliling tidak hanya fokus pada pelayanan administrasi secara langsung langsung, tetapi juga memberikan edukasi kepada masyarakat tentang pentingnya menjaga kesehatan secara preventif.

Salah satu peserta yang berdomisili di Kelurahan Yosomulyo, Kecamatan Metro Pusat, Sukarsih (52), mengaku puas terhadap layanan BPJS Keliling. Menurutnya, layanan BPJS Kesehatan semakin berkembang ke arah yang lebih baik dengan kehadiran berbagai perbaikan dan inovasi yang semakin memudahkan peserta JKN.

Contohnya adalah BPJS Keliling yang memudahkannya mengakses layanan administrasi kepesertaan. Sukarsih mengaku, sempat mengalami perbedaan antara data kependudukan dan JKN. Dengan layanan BPJS keliling tersebut, ia dapat mengurus perbaikan data dengan sangat mudah. "Semoga kegiatan BPJS Keliling ini dapat hadir secara rutin di tengah-tengah kami yang disibukkan dengan rutinitas pekerjaan,” kata Sukarsih, Senin (5/2/2024). Sukarsih mengungkapkan, ia dan keluarganya pernah mengakses pelayanan kesehatan di puskesmas Yosomulyo ini hingga dirujuk ke rumah sakit menggunakan kartu JKN. “Selama proses berobat, Pelayanan yang saya terima sangat baik, mudah, dan tidak dipungut biaya karena semuanya sudah dijamin oleh BPJS Kesehatan. Pelayanannya pun tidak dibeda-bedakan dengan pasien umum lain” tuturnya. 

Sukarsih berharap, program BPJS Kesehatan dapat terus ada sehingga lebih banyak masyarakat yang dapat merasakan manfaatnya. “apalagi saat ini kalau mau berobat sangatlah mudah. hanya memperlihatkan No NIK, peserta JKN aktif bisa langsung dilayani di faskes terdaftar, Mau mencari informasi tentang program JKN juga ada layanan BPJS Keliling. Kini, semua semakin mudah, ditambah dengan layanan yang semakin berkualitas,” kata Umar.