DPRD Gelar Rapat Paripurna Istimewa HUT Kabupaten Tanggamus Ke-27

DPRD Gelar Rapat Paripurna Istimewa HUT Kabupaten Tanggamus Ke-27

TANGGAMUS - DPRD Kabupaten Tanggamus menggelar rapat paripurna istimewa dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Kabupaten Tanggamus ke-27 tahun 2024, Rabu (20/3/2024).

Rapat paripurna tersebut berlangsung di ruang sidang DPRD Tanggamus, dipimpin Ketua DPRD Tanggamus Heri Agus Setiawan, didampingi Wakil Ketua I Irwandi Suralaga, Wakil Ketua II Tedi Kurniawan, Wakil Ketua III Kurnain.

Turut Hadir dari jajaran Eksekutif Pj Bupati Tanggamus Ir. Mulyadi Irsan, Anggota Forkopimda Tanggamus, Kepala Instansi Vertikal/BUMN/BUMD/Dunia Usaha, Pimpinan Partai Politik, Staf Ahli Bupati, Sekretaris Daerah, Asisten Sekretariat Daerah, Para Kepala Perangkat Daerah, Camat, Ketua TP-PKK, Ketua Dharma Wanita Persatuan, Ketua Apdesi, Veteran, Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama, Tokoh Pemuda, Insan Pers dan Ormas Kabupaten Tanggamus.

Pj Bupati Tanggamus Ir. Mulyadi Irsan, MT mengatakan, Hari Jadi Kabupaten Tanggamus Ke-27 ini puncak apresiasi daerah terhadap sejarah pembentukan Kabupaten Tanggamus, merupakan perjuangan yang terus dilaksanakan setiap tanggal 21 Maret, sejak disahkannya Undang-Undang Nomor 2 Tahun 1997 Pembentukan Kabupaten Daerah Tingkat II tentang Tulang Bawang dan Kabupaten Daerah Tingkat II Tanggamus.

Adapun tema peringatan Hari Ulang Tahun Kabupaten Tanggamus ke-27 tahun ini yaitu “Bakti Bersama Menuju Tanggamus
Sejahtera”.Melalui tema ini, Pj Bupati Tanggamus mengajak seluruh elemen masyarakat Kabupaten Tanggamus untuk bersama-sama manfaatkan segala potensi keberagaman budaya, adat istiadat serta agama maupun potensi SDM dan SDA yang ada.

“Kita bersatu dan bergerak bersama untuk maju dan berprestasi dalam meningkatkan pembangunan disemua sektor kehidupan, agar masyarakat Kabupaten Tanggamus dapat hidup sejahtera lahir dan bathin,” katanya.
Selain itu, memasuki hari jadi ke-27, Kabupaten Tanggamus menghadapi tantangan global yang semakin kompleks. Seiring dengan laju perubahan yang sangat cepat di berbagai bidang, yang sering disebut sebagai “megatrend global”.


Perubahan global ini tidak hanya melibatkan transformasi besar yang memengaruhi banyak aspek kehidupan, tetapi juga berlangsung dalam rentang waktu yang panjang dan sangat mendalam, terutama karena dipicu oleh kemajuan teknologi digital dan komputasi.“Kemajuan ini telah mengubah cara kita berinteraksi, bekerja, dan berinovasi di dunia saat ini,” bebernya.

Pj Bupati juga menjelaskan beberapa pelaksanaan pembangunan yang telah dilakukan beberapa tahun ini dan dapat dipetakan capaian pembangunanya untuk mengatasi isu strategis yang ada, capaian tersebut antara lain Peningkatan Kualitas dan Daya Saing Sumber Daya Manusia.
Pada tahun 2023, capaian IPM Kabupaten Tanggamus masih masuk kedalam kategori sedang, yakni sebesar 69,93.
Kemudian, Penguatan Ketahanan Ekonomi, Investasi dan Daya Saing Produk Lokal. Yakni pada tahun 2023 pertumbuhan ekonomi Tanggamus kembali meningkat yang mencapai 4,70 persen, melebihi rata-rata pertumbuhan ekonomi Provinsi Lampung sebesar 4,55 persen.
Lalu, Penurunan Disparitas Wilayah melalui Penyediaan Infrstruktur Dasar Masyarakat yang Merata. Dimana, pada tahun 2023 Kabupaten Tanggamus berhasil mengentaskan pekon tertinggal atau sudah tidak ada lagi Pekon di Kabupaten Tanggamus yang berstatus Pekon Tertinggal.

Namun sebagian besar pekon masih berstatus berkembang yaitu 189 Pekon atau 63,21 persen, sedangkan yang berstatus maju sebanyak 108 Pekon atau 36,12 persen, dan yang berstatus mandiri baru mencapai 2 Pekon atau 0,67 persen.Selanjutnya, Penanggulangan Kemiskinan dan Perluasan Kesempatan Kerja. Dimana, Angka kemiskinan Tanggamus mencapai 10,98 persen mengalami perbaikan pada tahun 2023 Kabupaten kemudian yang turun menjadi 10,52 persen.

Tingkat Pengangguran Terbuka atau TPT pada tahun 2022 TPT Kabupaten Tanggamus mencapai 3,70 persen yang berhasil diturunkan menjadi 3,35 persen pada tahun 2023

Sementara itu Tingkat Partisipasi Angkatan Kerja atau TPAK juga meningkat dari 68,91 persen pada tahun 2022 menjadi 70,60 persen pada tahun 2023.

Kemudian, Penguatan Mitigasi dan Penanganan Bencana serta Perubahan Iklim.
Diketahui, Kabupaten Tanggamus merupakan daerah yang rentan terhadap bencana alam seperti banjir, longsor, dan gempa bumi, dengan Indeks Risiko Bencana pada tahun 2023
Sementara itu Tingkat Partisipasi Angkatan Kerja atau TPAK juga meningkat dari 68,91 persen pada tahun 2022 menjadi 70,60 persen pada tahun 2023.


“Mari kita jadikan peringatan Hari Jadi Kabupaten Tanggamus sebagai momentum untuk mengevaluasi dan memperbaiki diri serta memantapkan kebersamaan dalam penyelenggaraan pemerintahan dan pembangunan di Kabupaten Tanggamus,” ungkapnya.

Sementara itu, Ketua DPRD Tanggamus Heri Agus Setiawan berharap melalui momen HUT Tanggamus ke-27 ini kedepan Kabupaten Tanggamus lebih maju dan sejahtera. (Mirhan Samsi)