MOMEN HKP 2023, WAHDI: PERPUSTAKAAN MENDUKUNG TERWUJUDNYA “GEMERLANG”

MOMEN HKP 2023, WAHDI: PERPUSTAKAAN MENDUKUNG TERWUJUDNYA “GEMERLANG”

Metro, Lampung - Dalam rangka memperingati Bulan Gemar Membaca dan Hari Kunjung Perpustakaan (HKP) Pemerintah Kota Metro melalui Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah Kota Metro, menggelar Event HKP tahun 2023 di halaman kantor dinas setempat, Kamis (26/10/2023).

Kepala Dispusarda Kota Metro, Komarudin, S.Sos.,M.M dalam sambutannya melaporkan bahwa terselenggaranya acara ini guna mempromosikan, mengenalkan dan mengajak seluruh masyarakat Kota Metro sadar membaca dan harapannya masyarakat kedepan mau meluangkan waktu untuk membaca buku-buku yang tersedia di Perpustakaan.

“Salah satu cara yang dilakukan Dispusarda Kota Metro agar dapat menarik minat masyarakat untuk berkunjung ke perpustakaan dan menggelorakan semangat Literasi yaitu di adakan lomba lomba, e-book dan melakukan kegiatan keliling sekolah menggunakan bus perpustakaan, kedepannya Dispusarda akan melakukan berbagai kegiatan literasi, salah satunya dengan mengadakan lomba perpustakaan agar meningkatkan minat membaca terutama anak-anak dan kaum milenial,” ujar Komarudin.

Adapun kegiatan Hari Kunjung Perpustakaan Kota Metro tahun 2023 yang sudah berjalan selama tiga hari ini diantaranya adalah Ngopi (Ngobrol Seputar Literasi), Story Telling, serta Pameran Literasi dan perlombaan bercerita, Pidato Bahasa Lampung serta Menulis Cerpen dengan SD, SMP sampai SMA se-Kota Metro.

“Kami berharap bahwa kegiatan ini juga dapat terus berkelanjutan untuk tahun tahun berikutnya karena ini tanggung jawab kita bersama untuk terus membudayakan semangat membaca dan menumbuhkan budaya literasi, untuk itu kami harapkan komitmen, dukungan dan peran serta berbagai pihak baik moril maupun material dalam pengembangan Perpustakaan dan kegiatan Literasi di Kota Metro,” tutup Komarudin.

Masih di acara yang sama Walikota Metro, Wahdi Siradjuddin, Sp.OG (K)., mengatakan peringatan Hari Kunjung Perpustakaan merupakan sebuah komitmen bersama antara pemerintah beserta masyarakat Indonesia untuk menggerakkan produktivitas, kemampuan, serta cita-cita bangsa melalui kegiatan membaca.

Menurut Undang-Undang Nomor 43 Tahun 2007 tentang Perpustakaan yang menyebutkan bahwa perpustakaan diselenggarakan berdasarkan asas pembelajaran sepanjang hayat, demokrasi, keadilan, keprofesionalan, keterbukaan, ke terukuran dan kemitraan merupakan kata kunci dalam pengembangan transformasi perpustakaan berbasis inklusi sosial.

“Dalam hal ini Perpustakaan berperan bukan hanya sebagai pusat informasi, melainkan tempat yang mendukung sebagai sarana transformasi dengan berfokus pada pengembangan diri sehingga dapat meningkatkan kualitas hidup masyarakat guna mendukung terwujudnya Generasi Emas Metro Cemerlang (GEMERLANG) di Kota Metro,” ujarnya.

Wahdi berharap Peringatan Hari Kunjung Perpustakaan (HKP) dan Bulan Gemar Membaca Tahun 2023 di Kota Metro, menjadi moment dalam memperluas wawasan dan pengetahuan dengan membaca sehingga dapat menggali potensi-potensi yang dimiliki generasi milenial saat ini.

“Perpustakaan di era digitalisasi tidak hanya menjadi tempat kegiatan baca tulis namun bisa juga sebagai wadah dalam mencari solusi permasalahan hidup di masyarakat untuk mewujudkan sebuah produk atau karya guna meningkat taraf ekonomi masyarakat dan menjadikan Perpustakaan sebagai katalisator perubahan budaya,” tutupnya.

Kemudian acara dilanjutkan pembagian hadiah untuk para pemenang lomba, dan juga melounching buku karya tulis siswa siswi SMP yang mengikuti kelas menulis di Dispusarda Kota Metro yang berjudul tamsil masa lalu.

Tampak di acara tersebut di hadiri oleh Wakil Walikota Metro, Bunda Literasi Kota Metro, Kepala Bidang Pelayanan dari Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah Provinsi Lampung, Para Staf Ahli Wali Kota Metro,Para Asisten Sekda Kota Metro,Para Kepala OPD serta para Camat dan Lurah se Kota Metro. (ADV)