Pemuda, dan Para Tokoh Masyarakat Kepulauan Yapen SIAP DEKLARASIKAN Dukungan Percepatan DOB Provinsi Kepulauan Papua Utara

451

METRONUSANTARANEWS.COM – Yapen | Pemuda, dan Sejumlah Tokoh Masyarakat Kabupaten Kepulauan Yapen gelar Rapat Teknis bersama Tim DOB Wilayah Saireri Berikan Dukungan Penuh Percepatan lahirnya DOB Kepulauan Papua Utara (KPU), di Puncak Monumen Kasih Serui laut, Senin (11/04/2022)

Pertemuan Rapat Teknis tersebut dihadiri langsung oleh Sekretaris Asosiasi Bupati Saireri Tonny Tesar, S.Sos didampingi Ketua DPRD Yohanis G. Raubaba, S.Sos beserta Anggota DPRD, Plt Sekda Erny R. Tania, S.IP dan Kepala Kesbangpol Kepulauan Yapen Sonny A. Woria S.Pd., MT., Hadir juga Pengurus KNPI, Tokoh Masyarakat, Tokoh Adat, Tokoh Agama, Tokoh Pemuda, dan juga Tokoh Wanita serta masyarakat.

Sekretaris Asosiasi Bupati Saireri Tonny Tesar, S. Sos. dalam arahannya menyampaikan bahwa “Kiranya pertemuan ini bisa dapat menghadirkan keterwakilan suara serta juga dapat menyampaikan pandangan-pandangan terhadap rencana Pemerintah Pusat yang telah merespon tentang DOB di Papua.”

“Selain telah diajukannya RUU di Balegnas, terhadap proses ini kita jangan menunggu tetapi juga perlu menyampaikan sikap bahwa kita memang benar-benar ingin ada Daerah Otonomi sendiri. Soal keputusan dari Pemerintah Pusat itu nanti, yang penting DPRD usul dulu untuk dibahas. Harapan kita bisa disegerakan tetapi kita juga tidak bisa memaksakan kalau kondisi Keuangan Negara belum bisa untuk sekaligus.” Tutur Tonny Tesar

Dirinya juga berharap agar hari ini bisa disikapi dengan baik dan dibicarakan terlebih dahulu dampaknya bagi masyarakat. Karena para Bupati Saireri juga menyampaikan aspirasi ke Pemerintah Pusat karena ada aspirasi besar yang disampaikan atas nama pemuda di Kabupaten Biak pada tanggal 28 Oktober 2021, sehingga harus diteruskan pertanggung jawabannya. Jadi semangat aspirasi ini Pemerintah Daerah kembalikan lagi kepada Para Tokoh dan Pemuda untuk siap sedia memberikan dukungan.

Kesempatan tersebut Ketua DPRD Kabupaten Kepulauan Yapen Yohanes Raubaba, S.Sos menjelaskan “Sebagai penerus aspirasi rakyat perlu mengambil sikap, namun juga perlu tindakan Deklarasi dari para Tokoh dan Pemuda secara serentak di Wilayah Adat Saireri sebagai bentuk menyatakan sikap Kita Masyarakat Wilayah Adat Saireri sudah siap menjadi Daerah Otonom Baru.”

“Kamipun DPRD juga siap memberi dukungan penuh terhadap Aspirasi Pemuda dan Rakyat dan berharap yang telah diperjuangkan dapat membawa hasil bagi masyarakat Saireri.”

Hasil dari pertemuan ididapatkan kesepakatan bersama, antara lain :

Pertama, Menggelar kegiatan Deklarasi Masyarakat yang akan melibatkan masyarakat di Yapen, Waropen dan Kabupaten Nabire ;

Kedua, Deklarasi menyatakan sikap dengan berkumpul di Pelataran Serui menuju Gedung DPRD Kabupaten Kepulauan Yapen.

Dalam pertemuan tersebut Sonny A. Woria S.Pd., MT yang menjabat Kepala Bakesbangpol juga menuturkan tujuan dari pertemuan kali ini, bukan saja bentuk Silahturahmi Tim DOB Propinsi Kepulauan Papua Utara dengan sejumlah tokoh, tetapi juga sekaligus membicarakan Deklarasi Dukungan terhadap Pembentukan DOB Kepulauan Papua Utara dan dampak DOB sendiri untuk masyarakat di kabupaten ini.

Deklarasi sendiri direncanakan akan melibatkan Lembaga Adat, Tokoh Pemuda, Tokoh Masyarakat, Tokoh Nusantara, Tokoh Agama, Tokoh Wanita, OKP-OKP yang berhimpun di KNPI serta masyarakat.

Tim yang sudah terbentuk ini akan bekerja keras merampungkan semua persiapan dan Agenda Deklarasi ditetapkan pada Selasa, 19 April 2022.(***)

Reporter :  Indra SFB

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here