Tiktok Sudah Ditutup , Pedagan Tanah Abang Minta E- Commerce Lain Juga Ditutup Seperti Shopee, Tokopedia Hingga Lazada

Tiktok Sudah Ditutup , Pedagan Tanah Abang Minta E- Commerce Lain Juga Ditutup Seperti Shopee, Tokopedia Hingga Lazada
Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) Zulkifli Hasan di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Selasa (10/10/2023)

Setelah TikTok Shop resmi dilarang beroperasi oleh pemerintah karena social commerce, kini pedagang di Pasar Tanah Abang terlihat kembali melakukan protes kepada pemerintah untuk menutup e-commerce lain seperti Shopee hingga Lazada. Protes-protes tersebut dilakukan melalui tulisan-tulisan yang dipajang di depan toko.

"Hapus online shop"

"Tolong hapuskan TikTok Shop, Lazada, Shopee. Tolong kami pak"

"Kembalikan Tanah Abang yang dulu," tulis poster yang terpajang di depan toko.

Pada pedagang di Pasar Tanah Abang berharap dengan ditutupnya semua online shop dapat mengembalikan kondisi pasar ramai seperti dulu.

Menteri Perdagangan, Zulkifli Hasan menyatakan, nanti akan mengatur dan menata platform belanja online tersebut, juga meminta para pedagang belajar, serta mengikuti perkembangan era digital.

Ditemui di Komplek Istana Kepresidenan, Jakarta, Selasa siang, Menteri Perdagangan, Zulkifli Hasan, juga berterima kasih kepada Shopee, yang sudah tak menjual barang impor. Ia menilai, hal itu dapat membantu para pelaku UMKM, meningkatkan cara berjualan, mulai segi pemasaran, pengemasan, hingga tata media sosial. Dengan demikian, setelah ditata dan diatur, nantinya akan ada social commerce atau ecommerce, yang mendukung pelaku UMKM, menjual produk lokal.