Uji Kompetensi Kerja Konstruksi Kepada Siswa Siswi SMK, Kadis PUPR Koltim Sampaikan Ini

Uji Kompetensi Kerja Konstruksi Kepada Siswa Siswi SMK, Kadis PUPR Koltim Sampaikan Ini

Metronusantaranews.com, Kolaka Timur || Pemerintah Daerah Kabupaten Konawe melalui Dinas Pekerjaan Umum Perumahan Rakyat dan Perhubungan atau PUPR , menggelar kegiatan Pemberian Kompetensi Tambahan dan Uji Sertifikasi Kompetensi Kerja Konstruksi bagi siswa-siswi sekolah menengah kejuruan Tahun 2024, selasa (23/4/24)

Kegiatan ini diadakan dengan tujuan untuk meningkatkan kompetensi para tenaga kerja di sektor konstruksi guna mendukung pembangunan infrastruktur yang berkualitas dan berkelanjutan di Kabupaten Kolaka Timur, Sulawesi Tenggara.

Acara yang dilaksanakan di Aula Kantor Dinas PUPR Kolaka Timur, ini merupakan bentuk pembekalan kompetensi bagi tenaga kerja kompetensi untuk siswa-siswi SMK, yang juga merupakan program kerja Vokasi Balai Jasa Konstruksi Wilayah VI Makassar.

Dalam sambutannya, Kadis PUPR Koltim, Arisman, SE, menyampaikan bahwa pembangunan infrastruktur menjadi salah satu kunci utama dalam mewujudkan kemajuan suatu daerah.

Menurutnya, keberhasilan pembangunan suatu daerah tidak terlepas dari peran penting para tenaga kerja konstruksi yang profesional dan kompeten, sehingga kegiatan pelatihan ini memiliki makna penting yang sangat besar bagi pembangunan dan kemajuan daerah.

Terlebih lagi kata Arisman, kegiatan ini diperuntukkan bagi para generasi muda, harapan daerah, calon pemimpin daerah, calon teknokrat yang nantinya akan menjadi ujung tombak pembangunan daerah Kolaka Timur pada khususnya yang sama-sama kita cintai ini.

Dengan adanya tenaga kerja yang terampil dan bersertifikasi, diharapkan pembangunan infrastruktur di Kolaka Timur ini dapat berjalan lebih efisien, aman, dan berkualitas, serta memberikan manfaat yang nyata bagi masyarakat.

Selain itu, ia juga menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan langkah strategis dan sangat relevan dalam rangka mewujudkan visi dan misi Kabupaten Kolaka Timur serta program Gerakan membangun dan melayani masyarakat atau yang dikenal dengan GEMAS, khususnya dalam meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM) yang mumpuni dan berdaya saing di bidang konstruksi sehingga pembangunan yang ada dapat terus berlanjut dan semakin baik lagi.

”Seperti yang kita ketahui bersama, sektor konstruksi merupakan salah satu sektor penting dalam mendorong pertumbuhan ekonomi daerah” ujarnya

“Oleh karena itu, diperlukan tenaga kerja konstruksi yang kompeten dan profesional untuk mendukung pembangunan di daerah. Kepada Ananda semua, saya berpesan agar mengikuti kegiatan ini dengan sungguh-sungguh dan memanfaatkan kesempatan ini sebaik” tambahnya

Melalui kegiatan ini ucap Arisman, diharapkan para peserta untuk tidak menyia-nyiakan  kesempatan ini untuk meningkatkan kemampuan dan kompetensi kalian.

“Ingatlah bahwa kalian adalah generasi muda serta harapan daerah, sehingga kalian memiliki tanggung jawab besar untuk membangun daerah ini menjadi lebih maju dan sejahtera kedepannya,” jelasnya.

Ia berharap, agar generasi muda untuk terus membekali diri dengan ilmu pengetahuan dan keterampilan yang mumpuni, agar kalian dapat bersaing di dunia kerja yang semakin kompetitif.  Kami, selaku pemerintah daerah menaruh harapan besar di pundak Ananda sekalian

“Semoga kelak dari tempat ini akan lahir tenaga-tenaga terampil yang memiliki skill dan keterampilan yang mampu berdaya saing dengan daerah lain serta teknokrat-teknokrat handal yang dapat memberikan karya nyata untuk daerah Kolaka Timur pada khususnya” tutupnya

Laporan : Helni Setyawan