Upaya Kendalikan Inflasi Di Kolaka Timur, Bupati Azis Tegaskan Ini

Upaya Kendalikan Inflasi Di Kolaka Timur, Bupati Azis Tegaskan Ini

Metronusantaranews.com, Kolaka Timur ||  Pemerintah Daerah Kolaka Timur melalui Dinas Ketahanan Pangan menggelar rapat koordinasi atau rakor satuan tugas pangan sekaligus penyerahan bantuan B2SA di Kolaka Timur yang dilaksanakan di aula Rujab Bupati, Desa Matabondu, Kamis (25/7/24)

Acara rapat koordinasi tersebut dibuka langsung oleh Bupati Koltim, Abd Azis, SH., MH dan dihadiri Kepala Dinas Ketahanan Pangan Dr. Ir. Idarwaty, M.M, Forkopimda, OPD, TP-PKK Koltim

Juga turut dihadiri oleh Perwakilan Desa dan narasumber Rakor yaitu dari Kepala BPS Kolaka Timur Fazri Suhendar, S.H., M.A.P, Deputi Bank Indonesia Perwakilan SULTRA Adik Afrinaldi, Kepala BMKG Kolaka Aris Yunatas dan Kepala PERUM BULOG Kolaka.

Bupati Azis menegaskan untuk memastikan bahwa tidak ada permainan ditengah kesulitan masyarakat atau pihak-pihak yang memanfaatkan kesempatan, tidak ada spekulan dan penimbun komoditas yang terdampak inflasi. 

"Saya meminta Satgas Pangan dengan Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) untuk melakukan kegiatan yang bisa menenangkan masyarakat, mencegah terjadinya panic buying” kata Bupati 

“dan memastikan kehadiran pemerintah ditengah kesulitan melalui beberapa intervensi yang akan dilakukan, baik dalam jangka pendek, menengah maupun jangka panjang, "tambahnya.

Selain itu, ia juga menjelaskan bahwa upaya menekan inflasi daerah, Pemda Koltim telah melaksanakan berbagai kegiatan dalam mengintervensi sekaligus mengendalikan laju inflasi daerah melalui gerakan pangan murah, pemantauan harga secara kontinyu dan monitoring stok pasokan harga serta harga pangan. 

Di kesempatan yang sama, Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Dr. Ir. Idarwaty, M.M menyebutkan bahwa tujuan Rakor ini adalah untuk meningkatkan ketersediaan, aksesibilitas, dan pemanfaatan pangan 

Hal ini kata Idar begitu sapaan akrabnya, dalam rangka untuk mewujudkan ketahanan pangan rumah tangga serta mendukung program pemerintah penanganan lokasi prioritas intervensi penurunan stunting dan pengetasan kemiskinan. 

”Harapannya masyarakat Kabupaten Kolaka Timur, menjadi masyarakat yang aktif mandiri, produktif dan sejahtera,” tutupnya

Laporan : Redaksi