Bupati Hadiri Acara Tanjabbar Berbatik Dalam Rangkaian HUT Tanjabbar Ke-59 dan HUT-RI Ke-79

Bupati Hadiri Acara Tanjabbar Berbatik Dalam Rangkaian HUT Tanjabbar Ke-59 dan HUT-RI Ke-79

KUALATUNGKAL, - Suasana meriah menyelimuti Alun-alun Kualatungkal pada Jumat malam (09/08/24). Ribuan pasang mata tertuju pada keindahan batik dalam acara “Tanjung Jabung Barat Berbatik” yang digelar dalam rangka memperingati Hari Jadi Tanjung Jabung Barat (Tanjabbar), ke-59 dan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia ke-79. Acara ini bertema “Melestarikan Budaya Menjaga Warisan Bangsa Menuju Tanjung Jabung Barat Berkah”, mengusung semangat pelestarian budaya dan kebanggaan terhadap warisan bangsa.

Bupati Tanjabbar, Drs. H. Anwar Sadat, M. Ag, didampingi Ibu Ketua Dekranasda Tanjabbar Hj. Fadhilah Sadat, hadir untuk menyaksikan kemeriahan acara. Keindahan batik tampak terpancar dalam berbagai kegiatan, mulai dari lomba Fashion Show kategori anak-anak dan umum hingga Parade Batik yang menampilkan para Staf Ahli, Asisten, Kepala OPD, Kepala Bagian serta Camat di lingkup Pemkab Tanjabbar.

Bupati dalam sambutannya menyampaikan kekagumannya terhadap perkembangan batik di Tanjabbbar, “Corak dan motif batik kita sudah sangat maju dan bervariasi,” ujarnya.

Ia memberikan apresiasi kepada Dewan Kerajinan Daerah Tanjabbar dan Dinas Koperasi, UKM, Perindustrian dan Perdagangan yang terus mendorong para perajin batik melalui pendidikan dan pelatihan.

“Terima kasih kepada semua pihak yang telah bekerja keras untuk memajukan industri batik Tanjab Barat agar bisa bersaing baik di tingkat nasional maupun internasional,” tambahnya.

Sementara itu Ketua Panitia, Syawal Tanjung, yang juga menjabat sebagai Kepala Dinas Koperasi, UKM, Perindustrian dan Perdagangan Tanjabbar, dalam laporannya menjelaskan tujuan dari kegiatan ini. 

“Tanjab Barat Berbatik bertujuan untuk memotivasi para pengrajin batik Tanjab Barat agar terus berkreasi dan berinovasi, sehingga batik kita semakin maju dan bisa bersaing di pasaran,” terang Syawal Tanjung

Saat ini, terdapat 38 kelompok pengrajin batik aktif di Tanjab Barat, dengan lebih kurang 400 motif batik yang sudah tercipta. Sebanyak 73 motif batik pun telah terdaftar hak cipta.

Acara ini juga dimeriahkan oleh kehadiran unsur Forkopimda, Direktur BPJS Kesehatan, Field Manager PetroChina International Jabung Ltd, para Kepala Cabang perbankan, dan undangan lainnya.

Tanjabbar Berbatik menjadi bukti nyata komitmen untuk melestarikan budaya dan warisan bangsa, serta menandai semangat menuju Tanjabbar yang berkah. Keindahan dan keunikan batik Tanjab Barat kini siap menyapa dunia. (Zul Hamdi/*)