IRJEN H. S. MALTHA, JENDERAL POLISI JUJUR YANG DIAKUI MANTAN KAPOLRI

Tito Karnavian yang merupakan Mantan Kapolri mengakui Kejujuran Irjen Pol. (Purn) H. S. MALTHA.

IRJEN H. S. MALTHA, JENDERAL POLISI JUJUR YANG DIAKUI MANTAN KAPOLRI
Kolase foto Irjen HS MALTHA (kanan) bersama mantan Kapolri Tito Karnavian

Metro Nusantara - Pada tahun 2023 ini merupakan tahun dimana Kepolisian Republik Indonesia (POLRI) mendapatkan cobaan yang tak kunjung berhenti. 

Mulai dari Kasus Pembunuhan Brigadir Joshua yang dilakukan oleh Ferdy Sambo dimana menyeret lebih dari 90 orang Anggota Polri yang terlibat didalam kasus obstruction of justice atau yang lebih dikenal dengan tindak pidana yang merintangi Penyidikan, dimana kasus tersebut menjadi kasus yang menhebohkan pada pemberitaan tanah air. 

Hingga Kasus Penjualan Barang Bukti Narkoba jenis Sabu-sabu yang dilakukan oleh Teddy Minahasa yang menjadikan kasus tersebut sebagai kasus yang cukup disoroti oleh pemberitaan Internasional. 

Berbeda dengan kedua Jenderal bintang dua tersebut, Sosok Irjen Pol (Purn) . DR. H. Saiful Maltha, S.I.K., S.H., M.Si yang akrab disapa Bang Maltha justru merupakan Jenderal Polisi yang patut untuk di contoh oleh seluruh anggota Polri. 

Menurut Direktur Perkumpulan Pengamat Prilaku Polri, Ilham Surbakti, S.Sos, Maltha merupakan Jenderal Polisi yang semasa aktifnya memiliki prilaku yang sangat jujur dan berintegritas. Hal itu dikarenakan Sikapnya yang selalu rendah hati dan tidak bisa disuap. 

"Hasil penelusuran kami, banyak Pihak yang berupaya mencoba melakukan suap ke beliau, tapi ya semua ditolak" Ujarnya. 

Ilham menambahkan bahwa sebelum Irjen Pol Napoleon Bonaparte tersangkut kasus penerimaan suap untuk menghapus red notice Djoko Tjandra mencuat, Pihak Djoko Tjandra pernah mencoba berupaya menyuap Maltha. 

"Dulu tuh Djoko Tjandra pernah memerintahkan suruhannya untuk menyuap Irjen Maltha dengan uang yang sangat besar, bahkan lebih besar dari yang diterima Irjen Napoleon, tapi ditolak mentah-mentah" Ungkap Ilham. 

Ilham juga mengungkap , Tito Karnavian, Kapolri Semasa Irjen Maltha Menjabat juga sangat memberikan apresiasi yang sangat tinggi kepada Irjen Maltha. 

"Pak Tito pernah bilang ke saya, Maltha itu satu-satunya Jenderal yang paling tidak mau meminta-minta jabatan meskipun dia punya segudang prestasi, bahkan pernah mau dikasih jabatan kapolda di suatu daerah oleh pak tito pun, Maltha menolaknya karena alasan mau menuntaskan Program dan tugas saat menjabat sebagai Kadivhubinter Polri" Terangnya. 

Ilham pun menghimbau kepada seluruh anggota polri dapat meniru prilaku Irjen Maltha dalam menjalankan Dinas. 

"Saya harap seluruh anggota Polri bisa tiru prilaku Irjen Maltha, karena Untuk menjaga stabilitas keamanan di Indonesia, gak bisa lagi tuh anggota Polri grusa-grusu menunjukan gaya-gaya arogansi nya" tegas Ilham. 

Sebelumnya diketahui bahwa Perkumpulan Pengamat Prilaku Polri mengirimkan Laporan hasil analisa prilaku anggota Polri yang berjudul POLRI ANTI MAFIA kepada Menkopolhukam pada awal Juli 2023 lalu, dimana Hasil analisanya berupa data Tingkat kepercayaan Masyarakat kepada Polri menjelang Pemilu 2024 .  (Kevin)