Walikota dan Wakil Walikota Metro Hadiri Grand Opening MAPAN di Pasar Cendrawasih 

Walikota dan Wakil Walikota Metro Hadiri Grand Opening MAPAN di Pasar Cendrawasih 

Kota Metro --- Walikota Metro Wahdi Siradjuddin dan Wakil Walikota Metro Qomaru Zaman menghadiri pembukaan Grand Opening MAPAN dilantai dua pasar cendrawasih Kota Metro. Jum'at, 28/06/2024 sekitar pukul 10.00 WIB.

Dalam acara tersebut turut hadir Pj.Gubernur Lampung yang diwakili Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Lampung Dra. Evie Fatmawaty, M.Si, Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Lampung Junanto Herbiawan, Direktur Hisbah Lampung Akbar Zahri, Kepala Bulog Provinsi Lampung Taufan Hakim, Ketua DPRD Kota Metro dan jajaran Forkopimda, Walikota Bandar Lampung yang diwakili oleh Plh. Sekda Ir. Tomi Daulawi, Sekda Kota Metro Ir. Haryo Utomo, M.P, Kepala Cabang Bank Lampung Kota Metro, Kepala BPS Metro, Kepala Bulog Kota Metro, para staf ahli Pemkot Metro dan Kepala OPD Kota Metro serta Camat dan Lurah Kota Metro.

Guna membangkitkan semangat Nasionalisme kepada bangsa dan negara hadirin menyanyikan lagu Indonesia Raya. Demi Kota Metro yang lebih baik acara dilanjutkan dengan doa yang dipimpin oleh Ali Yusirwan, S. Sos.

Dalam sambutannya Junanto menyebutkan Provinsi Lampung pada tahun 2023 menjadi Provinsi yang tertinggi inflasi nya di Sumatra, namun pada periode Januari hingga Mei 2024 inflasi Provinsi Lampung terendah dan yang paling menarik bahwa Pemkot Metro inflasi nya yang terendah, hal ini perlu di apresiasi.

"Laju inflasi Kota Metro 2,25 sementara Kota Bandar Lampung 2,44, Kota Metro jangan lalai karena 6 bulan kedepan harus tetap dapat mengendalikan kebutuhan pangan agar tetap stabil", terangnya Junanto.

"Ada tiga hal penting yang harus diperhatikan untuk menekan inflasi: yang pertama dan paling besar harga olah Tel food atau olah makanan yang kedua harga olah yang ditanggung oleh pemerintah dan yang ketiga interplasi inti ini mengadres penyebab inflasi dari harga makanan.

Junanto juga menambahkan bahwa di Lampung penyebab inflasi dari harga makanan, Dangan adanya Toko MAPAN sudah mengedres masalah utama inflasi selalu terjaga. Semoga Kota Bandar Lampung dan kabupaten Mesuji, kabupaten Lampung Timur dan kabupaten lainnya bisa mengikuti yang dilakukan oleh Pemkot Metro.

Dikesempatan yang sama Dra. Evie Fatmawaty, M.Si menyebut dirinya mengapresiasi atas langkah yang dilakukan oleh Pemkot dengan adanya Grand Opening MAPAN" sebagai Toko Pengendali Inflasi.

"Patut kita Apresiasi "Grand Opening MAPAN" Metro (Maju Antisipatif Pengendalian Harga Pangan) dan ini baru pertama kali yang ada di Provinsi Lampung dan nanti bisa diikuti oleh Pemkot Bandar Lampung dan Kota-kota yang lain di Lampung agar MAPAN dapat mengendalikan harga kebutuhan pokok masyarakat dengan harga yang terjangkau", harap Evie Fatmawaty.

Dirinya juga mengatakan Toko MAPAN dalam melakukan penjualan sesuai HET yang telah di tentukan dan di atur jadi tidak bisa bermain dengan harga.

Sementara Wali Kota Metro dr. Wahdi Siradjuddin, SP. OG, (K), M.H dalam sambutannya mengucapkan terimakasih kepada semua pihak yang telah turut serta membantu acara ini.

"Terimakasih tentunya melalui Dinas Perdagangan dan Bank Indonesia Provinsi Lampung yang telah memberi perhatian kepada Pemkot Metro sehingga inflasi di Kota Metro terendah, agar inflasi terjaga setiap minggunya dan setiap hari Senin selalu melakukan evaluasi ", pungkasnya Walikota Metro Wahdi Siradjuddin. (Red)

Sebelum usai acara Walikota dan Wakil Walikota Metro membuka Toko MAPAN dan dilanjutkan dengan foto bersama. (Red)