Pemkab Way Kanan Terima Hasil Evaluasi SAKIP dan RB.

Pemkab Way Kanan Terima Hasil Evaluasi SAKIP dan RB.
Pemkab Way Kanan Terima Hasil Evaluasi SAKIP dan RB.

WAYKANAN,metronusantaranews.com

Pemkab Way Kanan Terima Hasil Evaluasi SAKIP dan RB.Acara berlangsung di Ruang Rapat Sekda Kabupaten Way kanan, Selasa (05/04/2022)

Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah, Indra Zakariya Rayusman, S.H.,M.H bersama Kepala Bagian Organinasi dan Sekretaris Inspektorat Daerah,menghadiri Acara Penyerahan Hasil Evaluasi Akuntabilitas Kinerja dan Pelaksanaan Reformasi Birokrasi Instansi Pemerintah Provinsi/Kabupaten/Kota secara virtual.

Acara bertajuk SAKIP dan RB Award 2021, diumumkan hasil evaluasi oleh Menteri PANRB, Tjahjo Kumolo setelah menampung proses evaluasi akuntabilitas dan pelaksanaan Reformasi Birokrasi Instansi Pemerintah Provinsi, Kabupaten dan Kota Tahun 2021.

Dimana penyerahan tersebut sebagai bentuk apresiasi dan penghargaan kepada instansi Pemerintah yang telah mampu menunjukkan berbagai perubahan dan inovasi dalam tata kelola Pemerintahannya.

Acara tersebut juga sebagai bagian akhir dari serangkaian proses evaluasi akuntabilitas kinerja dan pelaksanaan Reformasi Birokrasi Instansi Pemerinntah, yang salah satu tujuannya adalah untuk menunjukkan kepada masyarakat bahwa Reformasi Birokrasi telah memiliki hasil yang nyata, dimana birokrasi terus berbenah menuju terciptanya good governance.

acara tersebut juga diselenggarakan untuk mengetahui perbaikan-perbaikan di seluruh aspek birokrasi sehingga tujuan dari Reformasi Birokrasi, yaitu birokrasi yang ideal, bebas dari KKN, kapabel dan mampu memberikan layanan prima pada masyarakat.

Sementara itu, Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) digunakan untuk mengetahui apakah Kementerian/Lembaga/Pemerintah Daerah mampu melakukan efisiensi dan efektivitas dalam penggunaan anggaran.

Mengingat SAKIP tersebut tentang perencanaan yang baik, bagaimana penyusunan sasaran kinerja, bagaimana merencanakan program kegiatan yang kemudian bagaimana penggunaan anggaranya.(Basar Rudin)