Program Studi Ilmu Pemerintahan FISIP Unbara Gelar Pembekalan Praktik Kuliah Lapangan 

Program Studi Ilmu Pemerintahan FISIP Unbara Gelar Pembekalan Praktik Kuliah Lapangan 

BATU RAJA, Metronusantaranews.com
Program Studi Ilmu Pemerintahan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Baturaja (Unbara) bertempat di Auditorium Universitas Baturaja Kamis (25/04/24). mengggelar Kegiatan Pembekalan Praktik Kuliah Lapangan (PKL) Tahun Akademik 2023/2024.


Kegiatan Pembekalan PKL ini dilaksanakan untuk menyamakan pola pemahaman dan persepsi mahasiswa, dosen, dan tenaga kependidikan terhadap pelaksanaan kegiatan sebelum, pada saat, maupun setelah Kegiatan PKL berlangsung sehingga kegiatan PKL dalam bentuk Field Study (Studi Lapangan) ini dapat berjalan secara tertib dan tepat sasaran.

Yahnu Wiguno Sanyoto, selaku Ketua Program Studi Ilmu Pemerintahan FISIP Unbara, dalam sambutannya menyampaikan bahwa PKL merupakan bagian dari kurikulum program studi yang wajib diambil oleh mahasiswa Program Studi Ilmu Pemerintahan dalam rangka menyelesaikan studinya. Melalui PKL, mahasiswa diharapkan dapat mengambil manfaat mengenai bagaimana dunia kerja di tengah-tengah masyarakat setelah menyelesaikan studinya. Hal ini didasarkan pada kenyataan bahwa dalam kehidupan bermasyarakat terdapat hal-hal yang tidak diperoleh di bangku perkuliahan.


Lebih lanjut Ia pun menambahkan, bahwa mahasiswa Program Studi Ilmu Pemerintahan FISIP Unbara selalu dituntut untuk menambah ilmu pengetahuan, pemahaman, aplikasi fakta empiris, informasi dan pengalaman, termasuk peningkatan kemampuan kognitifnya dalam hal menganalisis dan mengevaluasi gejala, kasus, dan masalah yang terjadi di dunia pemerintahan. 


Yahnu juga menjelaskaan bahwa, PKL kali ini mengusung tema, “Penguatan Kapasitas Tata Kelola Pemerintahan Berbasis Collaborative Governance” yang secara substansi mengingatkan kita semua bahwa dalam mengelola pemerintahan haruslah melibatkan secara langsung para pemangku kepentingan di luar pemerintahan ini sendiri. Pemerintah harus berkolaborasi, membangun sinergitas dan harmonisasi dengan semua pemangku kepentingan, sekaligus berorientasi pada konsensus  sehingga dapat menyelesaikan masalah-masalah pemerintahan dalam rangka terwujudnya kesejahteraan dan keadilan sosial di msayarakat. 

Adapun lokasi sasaran kegiatan PKL ini yaitu di Bawaslu Daerah Istimewa Yogyakarta, Desa Anti Politik Uang Sardonoharjo, Pemerintah Kabupaten Gunung Kidul, Desa Wisata Nglanggeran, dan Universitas Muhammadiyah Ponorogo. Kegiatan ini akan berlangsung selama 6 (enam) hari, yaitu sejak tanggal 28 April 2024 hingga 03 Mei 2024.

Yahnu berharap kepada mahasiswa untuk serius dan dengan seksama mengikuti Kegiatan Pembekalan PKL agar nantinya dapat menyerap setiap hal yang disampaikan sebagai bahan prepare/persiapan sehingga setiap mahasiswa dapat mengoptimalkan keberadaannya masing-masing dalam kegiatan ini karena salah satu tanggung jawabnya adalah pelaporan. Melalui kegiatan pelaporan itulah kemudian akan dilakukan evaluasi atas kinerja mahasiswa selama mengikuti kegiatan PKL.

Sementara itu, Dekan FISIP Unbara, Septiana Wulandari, sebelum membuka Kegiatan Pembekalan PKL Program Studi Ilmu Pemerintahan, dalam sambutan dan arahannya menyampaikan bahwa kegiatan PKL ini sangat penting untuk diikuti oleh segenap mahasiswa Program Studi Ilmu Pemerintahan FISIP Unbara mengingat melalui PKL ini akan melatih mahasiswa sebagai dinamisator dan problem solver dan akan memberikan pengalaman belajar dan bekerjasama sebagai agent of change dalam pembangunan, sehingga terbentuk sikap dan rasa tanggungjawab terhadap pemberdayaan dan kemajuan masyarakat sekaligus mengingatkan bahwa melalui kegiatan ini akan meningkatkan, memperluas dan mempererat jalinan kerjasama yang berkelanjutan dengan berbagai pihak (stakeholders) yang peduli dengan upaya-upaya peningkatan kualitas dan kapasitas sumberdaya manusia (SDM).


Adapun pemateri dalam kegiatan ini yaitu Eva Susanti, Sekretaris Program Studi Ilmu Pemerintahan FISIP Unbara dan Aprilia Lestari, Kepala Laboratorium Politik Lokal dan Otonomi Daerah Program Studi Ilmu Pemerintahan FISIP Unbara yang memberikan materi pembekalan proses dan pembekalan isi. Pembekalan proses meliputi: (1) konsep dasar PKL dan peran/partisipasi mahasiswa; (2) observasi dan perumusan masalah; (3) perencanaan pengabdian kepada masyarakat; dan (4) pelaporan pelaksanaan PKL. Sedangkan pembekalan isi meliputi: (1) pola komunikasi dan interaksi; (2) bidang kajian; dan (3) pemahaman terhadap konsep PKL. Pemberian materi kegiatan pembekalan ini dilakukan dengan tatap muka berupa ceramah/tutorial dan diskusi terfokus.

Pada bagian akhir kegiatan, sebelum melepaskan keberangkatan mahasiswa secara simbolik, Lindawati MZ, Rektor Unbara menyampaikan apresiasi terhadap pelaksanaan Kegiatan PKL Program Studi FISIP Unbara. Ia pun menekankan bahwa melalui kegiatan ini nantinya mahasiswa maupun dosen akan memperoleh pelajaran berharga yang dapat dikaji sebagai bahan diskusi pengembangan disiplin ilmu yang dikelola oleh perguruan tinggi sekaligus dapat menelaah dan merumuskan kondisi nyata di lapangan yang berguna bagi pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi serta dapat mendiagnosa secara tepat kebutuhan masyarakat sehingga ilmu pengetahuan dan teknologi yang dipelajari dapat diimplementasikan sesuai dengan tuntutan dunia kerja.

(Deta Suryana/+62) 878-6733-6450