Progres Realisasi Penggunaan DD Desa Tirawonua Telah Mencapai Kurang Lebih 70 Persen Dari Total Anggaran

58

SULTRA – Progres realsisasi penggunaan dana desa (DD) di Desa Tirawonua Kec. Routa Kab. Konawe Sulawesi Tenggara telah mencapai kurang lebih 70 persen dari total anggaran. Senin, 23/8/2021

Total anggaran dana desa untuk desa Tirawonua sebesar Rp. 1.930.677.000 yang dialokasikan untuk beberapa bidang yakni bidang pelaksanan pembangunan desa, bidang pemberdayaan masyarakat desa dan bidang penanggulangan bencana, darurat dan mendesak desa.

Kepala desa Tirawonua Saris Ladupai mengungkapkan bahwa untuk bidang pembangunan desa yang masih tersisa adalah peningkatan jalan usaha tani sepanjang 300 meter dan pembangunan jembatan desa.

Dari kedua item pembanguan fisik tersebut anggaranya sudah ada tinggal menunggu cuaca yang bagus kedua pekerjaan tersebut di kerjakan.

Kemudian, bidang pemberdayaan masyarakat desa yang belum dilaksakan hanya tersisa 2 item kegiatan yakni pelatihan pengelolaan badan usaha milik desa (BUMDes) dan pelatihan kelompok usaha ekonomi kreatif.

Kedua item kegiatan bidang pemberdayaan masyarakat tersebut hingga saat ini masih dalam pengaturan jadwal, mengingat cuaca yang kurang baik atau musim penghujan masyarakat enggan untuk beraktifitas di luar kecamatan routa

Lebih lanjut, untuk bidang penanggulangan bencana, darurat dan mendesak desa yang masih belum tuntas yakni terkait penyaluran bantuan langsung tunai (BLT) dana desa (DD) di desa Tirawonua sendiri baru menyelesaikan 50 persen darti total anggaran BLT DD tahun 2021.

Ketua asosiasi pemerintah desa Indonesia (APDESI) Kecamatan Routa juga menambahkan terkait anggaran dana desa di desa Tirawonua secara keseluruhan telah mencapai kurang lebih 70 persen realisasi pelaksanaan penggunaan dana desa khususnya di desa Tirawonua. (Yopi/Helni/Tlm)

Editor Publisher : Yopi Z

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here