Konawe – Tim Penggerak PKK Kabupaten Konawe  Sulawesi Tenggara Pokja III laksanakan penyuluhan dan pelatihan pemanfaatan lahan pekarangan, pengolahan limbah dapur, pengolahan hasil pertanian dan pemasaran produk hasil olahan pertanian kapada kader dan masyarakat desa anggaloosi kecamatan onembute, Jumat 5/11/2021

Dalam kegiatan penyuluhan dan pelatihan tersebut turut hadir dari dinas tanaman pangan dan holtikultura dan dinas perindustrian kabupaten Konawe sebagai narasumber dan tim Pokja III TP PKK Konawe, ketua PKK kecamatan onembute serta masyarakat desa anggoloosi.

Kegiatan penyuluhan dan pelatihan yang digelar dan difasilitasi oleh Pokja III TP PKK Konawe di balai pertemuan desa anggaloosi, berikan 4 materi sekaligus kepada masyarakat tersebut, diantaranya adalah pemanfaatan pekarangan, pengolahan limbah dapur menjadi pupuk organik atau pupuk cair, pengolahan hasil pertanian dan penggemasan hingga pemasaran hasil pengolahan pertanian.

Dari Kelompok Kerja III TP PKK Konawe sendiri bawakan materi terkait bagaimana memanfaatkan lahan pekarangan dan pengolahan limbah dapur masyarakat menjadi pupuk organik atau pupuk cair.

Kemudian dari dinas tanaman pangan dan holtikultura Konawe memberikan materi tentang pengolahan hasil pertanian sekaligus praktek langsung kepada masyarakat yang hadir terkait bagaimana pembuatan saos tomat dan abon cabai.

Sedangkan dari dinas perindustrian konawe sendiri memberikan pengetahuan terkait cara melakukan penggemasan hasil olahan pertanian sehingga memiliki nilai jual yang baik dan bagaimana memasarkan hasil olahan tersebut yang sudah dalam kemasan.

Foto : Ketua Pokja III TP PKK Kabupaten Konawe Bersama Tim

Sitti Rostini, S.Sos.,M.AP, selaku ketua Pokja III TP PKK Konawe mengatakan bahwa kegiatan tersebut merupakan kegiatan yang pertama kali dilakukan di konawe dan sasarannya adalah para kader PKK tingkat desa dan masyarakat setempat.

Dirinya juga menjelaskan bahwa kegiatan penyuluhan dan pelatihan tersebut bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan pemahaman masyarakat terkait pemanfaatan pekarangan, pengolahan limbah dapur menjadi pupuk cair, pengolahan hasil pertanian dan pemasaran hasil produk, sehingga dapat di implementasikan oleh masyarakat atau dipraktekan langsung dirumah.

Foto : Tim Pokja III TP PKK Kabupaten Konawe bersama dengan para Narasumber

“Penyuluhan dan Pelatihan tersebut masyarakat dapat menambah wawasan dan mempraktekkan langsung di rumah sehingga masyarakat dapat meningkatkan kualitas hidup dan berdaya guna serta berdaya saing” ungkap Ros, panggilan akrabnya

Dirinya juga berharap, melalui pelatihan dan penyuluhan tersebut masyarakat dapat mengimplementasikan dengan memanfaatkan lahan pekarangan secara optimal ditengah pandemik covid 19, bahkan dapat memberikan dampak yang baik terutama sektor ekonomi keluarga, kesehatan dan lingkungan.

“Ditengah pandemik covid 19, peran keluarga sangat penting dalam memenuhi ketersediaan pangan dan menjaga asupan pangan yang bergizi, beragam, sehat dan aman (B2SA) bagi keluarga” tutup ketua Pokja III Tim Penggerak PKK Kabupaten Konawe. (HS)

Publisher : Helni Setyawan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here