Pemerintah Pekon Pemerihan Salurkan BLT-DD Extrim Tahap IV TA 2023

Pemerintah Pekon Pemerihan Salurkan BLT-DD Extrim Tahap IV TA 2023

PESISIR BARAT, Metronusantaranews.com,– Pemerintah Pekon Pemerihan Kecamatan Krui Selatan, Kabupaten Pesisir Barat, Provinsi Lampung menyalurkan Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT-DD) Tahap IV tahun 2023 pada 19 penerima manfaat, pembagian bantuan tersebut dipusatkan di Balai Pekon Pemerihan setempat. Juma’at (22/12/2023).

Hadir dalam kegiatan penyaluran BLT DD Exstrim ini, Camat kecamatan Pesisir tengah yang diwakili Kasi Trantib, Bhabinkamtibmas, Babinsa, PLD, PDTI, Ketua dan anggota LHP, Linmas, seluruh aparatur pekon, dan juga masyarakat penerima manfaat pekon Pemerihan.

Dikesempatan ini Camat Krui Selatan yang diwakili kasi Trantib menyampaikan kepada kepengurusan dan perangkat pekon agar selalu berhati hati saat menyeleksi untuk bantuan tersebut, sebab nanti kedepannya bisa jadi salah menempatkan bantuannya pada penerima manfaat yang tak layak untuk dibantu.

“Adakanlah pendataan yang benar-benar maksimal dan disalurkan  pada yang layak menerimanya,” jelasnya.

Program pembagian BLT DD ini adalah program pemerintah pusat melalui pemerintah pekon yang mana mengacu pada  Peraturan Menteri Keuangan (PMK): 201/PMK.07/2022 Atas Perubahan PMK: 128/Pmk.07/2021, Tegas Kasi Trantib.

Peratin Pemerihan, Dahril menyampaikan penyaluran BLT DD merupakan lanjutan program jaringan pengamanan sosial untuk mempercepat pemulihan ekonomi pasca-pandemi Covid-19 yang terjadi di tahun tahun yang lalu.

“Pembagian BLT–DD ini dibagikan kepada masyarakat yang benar-benar berhak serta layak menerimanya, itu juga semuanya atas dasar musyawarah bersama antar aparat pekon dengan tokoh masyarakat kita, hingga hasil dari musyawarah tersebut ada 19 orang yang masuk dalam kategori penerima manfaat BLT DD tahap IV ini, dengan kategori lansia, yatim piatu, dan para janda serta jompo yang benar benar layak untuk menerima Bantuan ini,” ungkap Peratin.

Selanjutnya Peratin Dahril juga menjelaskan pada penerima manfaat bahwa untuk tahap ke Empat ini, setiap KPM menerima Rp300/bulan dikarenakan penyalurannya dirapel selama bulan, yakni bulan oktober – November – Desember.

“Setiap penerima menerima Rp 900.000,- dan ini juga untuk tahap yang terakhir di tahun Anggaran 2023 ini. Bilamana sudah menerima bantuan diharapkan dapat dipergunakan sebagaimana mestinya dan benar benar dimanfaatkan untuk kebutuhan keluarga saudara. Semoga dengan adanya bantuan ini bisa sedikit dapat meringankan beban Ekonomi bapak-bapak atau Ibu-ibu dikala musim pancaroba seperti ini,” tutupnya.

(Pewarta : Mawardi)