“JUMPA BERLIAN” Dicanangkan Pemda Kepulauan Yapen, Gelorakan Peringatan HUT ke-53

296

METRONUSANTARANEWS – Serui – | Menyambut Peringatan HUT Kabupaten Kepulauan Yapen ke-53 yang jatuh pada 06 Maret 2022, Bupati Kepulauan Yapen Canangkan Jumat Pagi Bersih Lingkungan Anda (Jumpa Berlian) ditandai dengan penanaman 53 jenis tanaman pohon dan bunga di halaman RSUD Serui dan dilanjutkan dengan Kerja Bakti ASN, TNI, Polri, BUMD. Serui, Jumat  (19/02/2022).

Kegiatan ini sebelumnya telah dituangkan melalui Surat Pemerintah Kabupaten Kepulauan Yapen, Sekretariat Daerah yang ditandatangani oleh Plt. Sekda Erny R. Tania, S.IP yang ditujukan kepada Pimpinan OPD Otonom/Vertikal, Pimpinan TNI-POLRI, dan Pimpinan BUMN/BUMD nomor 660.2/283/SET tertanggal 17 Februari 2022 tentang Pemberitahuan Jadwal Kerja Bakti Bersama, beserta lampiran Lokasi Kerja Bakti.

Kegiatan Jumpa Berlian dipimpin langsung oleh Bupati Kepulauan Yapen dan dihadiri Wakil Bupati, Dandim 1709 Yapen Waropen, Wakapolres Kepulauan Yapen, Plt. Sekda Erny R. Tania, S.IP, Pimpinan OPD dilingkungan Pemda Kepulauan Yapen, lintas komunitas dan Ketua Panitia HUT Kabupaten Ir. Edi N. Mudumi, M.Si.

Setelah kegiatan penanaman 53 jenis bunga sekaligus menandai seluruh kegiatan dalam rangka memeriahkan HUT ke 53 tahun kabupaten Kepulauan Yapen, dilanjutkan dengan aksi kerja Bhakti yang melibatkan semua OPD dilingkup Pemda Kepulauan Yapen, untuk mewujudkan Kota Serui yang Aman, Ceria, Indah dan Sehat juga Kota Serui yg dijuluki kota kembang.

Ketua Panitia HUT ke-53 Ir. Edi Noca Mudumi, M.Si menyampaikan “Kegiatan Jumpa Berlian ini merupakan salah satu upaya untuk menciptakan lingkungan kota yang bersih dan nyaman, diharapkan kita semua harus menjaga kebersihan, menjelang HUT Kabupaten Kepulauan Yapen yang ke 53 tahun sekaligus menyambut pelaksanaan Sidang Sinode GKI di Tanah Papua ke XVIII pada tgl 20 sd 26 Juni 2022 di Kabupaten Waropen dimana kabupaten Kepulauan Yapen ditunjuk sebagai Panitia Transit (Pantras).

“Jumat Pagi Bersih Lingkungan Anda (Jumpa Berlian) yang sudah dicanangkan, dan harapan kami setiap hari Jumat harus dilaksanakan kegiatan tersebut” ucap Edi N. Mudumi

Diketahui aksi Jumat Bersih untuk melakukan pembersihan rumput yang sudah tumbuh panjang dan sampah-sampah yang mengganggu pandangan, tentunya tidak nyaman dilihat.

Edi Noca Mudumi juga sempat menjelaskan “Jauh sebelum Kota Kelahiran Pahlawan Indonesia (Silas Papare) ini dikenal banyak orang, Kota ini memiliki beberapa julukan seperti Kota Serui di sebut sbg Kota Pendidikan (Onderwys-Centrum) dan Kota Serui ; Kota Kembang”

“Serui Kota Kembang Karena di Kota ini lahir banyak wanita yang berparas cantik, Selain itu di Kota ini juga banyak ditemui wanita peranakan atau sering disebut Perancis ala Papua. Perancis yang dimaksud bukanlah Negara Perancis di Eropa, tapi singkatan dari Peranakan China Serui.”

Selain itu julukan Kota Serui sebagai Kota Kembang karena karena dahulunya Serui terkenal akan rindangnya pepohonan, bunga yang tumbuh di penjuru kota, taman yang hijau, serta kebersihan kotanya dan hal ini perlu kita wujudkan Kembali.” Jelas Edi N. Mudumi

“ACIS adalah Aman Ceria Indah dan Sehat, semoga dapat kita jawantahkan dengan program Jumat Pagi Bersih Lingkungan, dan sebagai gerak menggelorakan memperingati HUT ke-53 Kabupaten Kepulauan Yapen.”tutup Edi N. Mudumi (*)

Jurnalis : Indra, S.F.B.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here